Select Page

1. selalu buat 2 akun imel.
maksudnya disini adalah ketika anda bikin akun imel, misal dengan alamat gw@keren.com, maka sebaiknya anda bikin akun imel satu lagi, misal dengan alamat gw@jelek.com. kenapa harus sampe dua akun?
akun yang satunya lagi berfungsi sebagai secondary email. jadi ketika anda lupa password atau password anda di curi orang, maka anda bisa minta si penyedia layanan imel untuk mereset pass llama anda dan pass baru itu akan dikirim ke secondary email address anda.
anda gak sadar ada permintaan untuk isi secondary email ketika anda bikin akun email baru?baca dengan teliti setiap perintahnya. ada qok.
dua akun imel ini sangat berguna sekali ketika password akun pesbuk atau imel anda dicuri dan dirubah orang, anda bisa mereset passwordnya kembali, dan akun pesbuk atau imel anda pun bisa anda rebut kembali.
untuk mereset password akun pesbuk, urutan yang harus anda lakukan adalah, pertama, reset dulu pass akun imel yang anda gunakan untuk mendaftardi pesbuk (kalo passnya dirubah sama si hacker). caranya adalah dengan mengklik forgot password, ikuti prosedurnya, dan biasanya anda akan disuruh untuk memasukkan secondary email account. nah, pass email yang baru itu akan dikirim ke secondary email account anda.
setelah anda bisa log in ke akun email yang anda gunakan untuk daftar di pesbuk, baru deh anda lakuka prosedur yang agak mirip untuk mereset akun pesbuk anda.
dengan mengklik forget password dan mengikuti prosedurnya, maka pesbuk akan mengirimkan password baru atau link yang dapat anda gunakan untuk mereset password pesbuk anda. dan kesemuanya itu akan dikirimkan ke alamat email yang ada gunakan untuk mendaftar di pesbuk.
kalo udah,selamat,anda merebut kembali akun pesbuk anda.
bersihkan nama baik anda (kalo emang si heker mengacak2 pesbuk anda), dan say hai kembali ke teman2 numerik anda di pesbuk.

2. copy paste password anda
ini sangat berguna bagi anda yang sering onlen di warnet.
sekarang ini banyak sekali metode untuk merekam apa yang anda ketikkan di keyboard. entah itu menggunakan software keylogger, atau yang sudah menggunakan hardware dan tidak terdetek sama sekali ketika anda menggunakan komputer.
key logger ini berfungsi untuk merekam segala apa yang anda ketikkan di keyboard. dan yang seudah pernah saya baca, ada warnet-warnet yang iseng dengan memasang software atau hardware keylogger ini di komputer warnetnya.
dengan melihat log yang dihasilkan oleh key logger, bukan tidak mungkin si operator warnet akan dungan mudah mengetahui password akun imel atau fesbuk anda.
buat mencegahnya,
setiap anda ke warnet atau menggunakan komputer publik, bawa FD yang isinya paling tidak adalah sebuah file notepad yang isinya password dari akun imel atau fesbuk anda. jadi ketika anda harus mengisi password pesbuk atau imel anda, anda tidak harus mengetikkannya, dan anda terhindar dari software keylogger yang mungkin terpasang di komputer tersebut.

dilanjut besok.skrg mo buka puasa dulu..
semoga bermanfaat.