tanggung jawab laki-laki #LifeAsIKnow

seharian tadi bisa dibilang gw jadi supir. supir dari kk gw yg pertama, suaminya, dua anaknya, n nyokap gw. ya, mereka lagi pada maen ke bandung. mau refreshing katanya sih. ya, refreshing di bandung pada saat long week end. jadi kebanyakan hanya kemacetan lah yang mereka alami. agak2 unplanned sih. bahkan awalnya pada g jd mau ke bandung. eh, tiba2 kemaren sore gw dikasih tau kalo mereka udah di cipularang. nekat. belom mesen hotel, di liburan long week end ini di bandung. walhasil, nyari hotel lah malem2 bgtu mereka nyampe. mulai dari yang dipinggir jalan, sampe ke yang daerah sepi, pada penuh smua. mantap dah. akhirnya dapet di daerah geger kalong, di daerah daarut tauhid. guest house, 300ribu semalem, fasilitas yang cukup. no tv, no ac, double bed, no hot water. (cukup mahal maksudnya). yaa…lumayan lah ya, dari pada tidur di mobil.

yaaa…malem kemaren cuma buat nyari hotel n makan bakmi jogja. sisanya, tidurr. besok paginya, kk gw complain kalo guest house itu dingin banget. anaknya batuk-batuk mulu malemnya. jadi tadi siang car-cari hotel lagi. membelah macetnya kota bandung. telp sana sini, akhirnya dapet di hotel bukit dago. 266ribu, hot water, cable tv, two single size bed, ac. much better in facility. tp entahlah anak kk gw bakal kedinginan lg atw g.

dengan gw yg menempati posisi yang sama dari semalem (supir), makan siang lah kita di riau junction.
Photobucket
sengaja gw pilih disana karena gw pikir di tempat itu mencakup semua. kalo ada yang mau di beli buat cemilan atau apa gitu, bisa beli di yogya. kalo mau sambil belanje belenji sambil cuci mata, ada 2 lantai yang isinya baju cw, cwo, dan anak2. sepatu, maenan dll jg ada. di foodcourtnya pilihan makanan juga banyak, ditambah ada tempat bermain anak yang lumayan gede juga. n yup, anak kk gw seneng maen disana, n kita yg gede2, makan dengan menu yang kita sukain. *tp entah kenapa gw g ngliat ekspresi seneng di wajah kk, suaminya, n nyokap. dunno why.
abis dari riau junction, ngliat jalanan yang masih macet, akhirnya kita balik lagi ke hotel buat istirahat bentaran, trus abis shalat maghrib kita berencana ke sierra (dago atas).

yaa…dengan suksesnya gw tidur dari jam 5 sampe jam 6 sore. pegel man nyetir pas macet tuh. shalat, n sedikit beberes, jam7 gw balik lagi ke hotel tempat kk gw istirahat. n u know what, no one was sleeping. khansa (anak pertama kk gw) ngajakin maen mulu, daanish (anak kedua kk gw) cengeng n nangis mulu. jadilah kk gw n suaminya keliatan cape. but the show must go on. rencana awal ke sierra tetep kudu dijadiin. abis suami kk gw bilang pengen hiburan yang g ada di jakarta. yawda, gw ajakin aja makan di sierra itu. abis kl mw ke tangkuban perahu atau ke ciwidey, kejauhan n udah sore. diajakin makan ke tempat2 kuliner di bandung, kebanyakan tenda pinggir jalan n g mw krn dianggep jorok. belanja, di jakarte banyak. yaudah lah, gw ajak ke sierra aja. makan sambil liat city light. meski makanannya mahal, ya that’s the price for what you can’t see in jakarta. rite?

mesen chicken yakiniku seharga 45ribuan, dan capucino 15ribu, Photobucket
gw sih puas-puas aja makan di sana. bumbunya enak. ada rasa kolanya gitu. trus saladnya gak cuman dikasih mustard aja, tapi _kalo kata kk gw_ ada kentang yang dialusin. selaen itu juga ada sapo yg dikuahin. saponya sih g ada rasanya, tapi kuahnya enak. ayamnya yang mantep. garing, empuk, anget sampe ke dalem2, seksi deh poqoknya. warna kulitnya juga pas. kalo di acara masterchef mah pasti udah dipuji2 deh sama si juri botak, juri gendut, n juri lebay. *eh, ini sih gw yg lebay ya kayaknya.

makan, liat2 pemandangan, poto2 sebentar, ujan, lanjutin makan lagi, denger live music acoustic, bayar, pulang. yak, dengan tetep manjadi supir, bahkan kali ini supirnya sangat kerrasa (gw ngambil mobil sendiri, yg laen nunggu di lobi). di perjalanan pulang dari sierra, gw nanya ke yang laen, “mw pulang ke hotel atau jalan-jalan dulu nih?” kk gw ngejawab kalo dia pengen jalan2 dl. bingung lah gw. jalan2 kemana ya malem2 gini? akhirnya gw putusin buat ke braga. jalan2 malem di braga seru tuh kayaknya. ngliat bangunan tua malem2.

ujan, ditambah macet di dago. ditambah perut kenyang. g berapa lama penumpang gw pada tidur semua, termasuk yang bocah-bocahnya. dan gw, serasa nyupir sendiri di bandung, lagi ujan, malem minggu, sambil denger radio yang lagunya mellow2 semua. bah. balik aja dah ke hotel.

meanwhile, selama gw stuck karena macet, gw baru nyadar kalo gw lagi membawa 2 orang yang harus gw ‘tanggung’. sodara perempuan gw (kk gw), n nyokap gw. seorang cowo harus ‘menanggung’ 4 orang wanita: ibunya, istrinya, anaknya, saudara perempuannya. pada arti lain, seorang wanita akan ditanggung oleh 4 orang pria: suaminya, bapaknya, anak laki-lakinya, saudara laki-lakinya. ‘menanggung’ disini, sepemahaman gw berarti, menjaga, memastikan bahwa keadaannya baik-baik aja. ya meskipun g selamanya, maksudnya, g harus gw menanggung kk gw yang udah nikah, karena ketika kk gw udah nikah, yg mnanggung ya suaminya. tapi dengan posisi gw yg sekarang, pastinya gw masih harus menanggung nyokap gw.

entah caranya gimana. im tryin my best to keep my mom happy n yet healthy. so many times im worry about her. sakit ini. sakit itu. dirawat di RS beberapa kali. oprasi. n others. apa lagi waktu bokap gw meninggal. she is a single fighter after then. sampe sekarang akhirnya nyokap gw pensiun dari kantornya. n u know what? bahkan gw masih nyusahin nyokap gw dengan belom lulus kuliah, dan masih menengadahkan tangan gw untuk mendapatkan uang. astaghfirullah.. semoga Allah memaafkan dosa2 gw untuk hal ini..

i love my family (ya ofcourse. who’s not?). i’ll do anythin to make them happy, healthy and whealthy. dan untuk keluarga gw sendiri kelak, istri gw n anak gw, i just hope that i could bring them all togather to heaven. kumpul lagi semua di surga, meski dengan bersusah-susah di dunia. tanggung jawab yang besar buat gw, dan pastinya buat semua laki-laki di dunia (yang menikah tentunya). gw yang sekarang masih ngerasa belom bisa untuk menerima tanggung jawab besar itu. tapi gw berusaha, gw belajar dari semua pengalaman pait n manis gw n orang lain, dan tentunya berdoa ke Allah, semoga gw diberikan kekuatan, untuk menerima, memikul, dan menjalankan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya. aamiin.

siapa yang tidak ingin menikah? tapi semoga siapa yang ingin menikah juga siap dengan segala tanggung jawab yang ada dan ingin menjalankannya.

share and enjoy.

Leave a comment


Subscribe Scroll to Top
Get Adobe Flash player