nglanjutin yg kemaren,skrg gw akan nulis tntang satu hal lagi yang amat gw suka. sekarang tentang musik.

ehm..udah cukup lama sejak awal gw mnikmati musik. sejak TK kalo gak salah. saat itu lagu yang amat gw suka dan sering gw nyanyiin adalah lagu soundtracknya si komo.hehe..trus sd sampai smp, bisa dibilang gw menikmati beberapa soundtrack film-film kartun. mulai dari lagunya animaniacs. loony toons, sampe soundtracknya sailormoon(girlie sekali?bodo.yg penting musiknya enak).

baru mulai smp,gw mulai untuk diajak ,terlibat, dalam musik. smp kelas 2 gw mulai diajakin ngeband dan posisi gw adalah drummer.knp? g tw deh..tapi pasti kk gw yg jadi drummer jg amat berpengaruh buat gw. ngliat dy asik ngulik lagu sambil shadow drumming, kayaknya seru aja. meski kk gw jg bisa dan suka maen gitar, tapi ntah knapa gw lebih tertarik ke drum. akhirnya ketika diajakin ngeband n ditanyain bisa maen alat apa, gw bilang aja gw bisa maen drum (padahal mah blom bisa sama skali tuh). PD abis! 😀

but well, saat itu gw amat menikmati proses memelajari sebuah lagu(or i said it as ‘ngulik’ before). dengerin dengan seksama, ngapalin bunyi, ngebayangin apa yang dipukul dan posisinya dimana, ngapalin urutan bunyi, dan ‘merasakan’ ketukannya. tapi teteup sih, karena saat itu adalah saat pertama gw mulai mukul drum, ngaconya tuh sengaco2nya deh. gitar kemana…drum kemana…g nyambung sangat! 😀

pas smp itu, lagu yang pertama kali gw pelajarin adalah lagunya Pearl Jam yang judulnya Last Kiss. a simple song, easy listening, and slow beat. cocok banget bwt gw yg baru belajar maen drum. latian pertama, kedua, dan seterusnya, koleksi lagu gw nambah. saat smp, gw suka sama limp bizkit, korn, ratm, LP, dan sejenisnya. melajarin lagu2 mereka, sangat bisa membuat gw semangat. beat yang cepet, musik yang bersemangat, teriakan fred durst, chester, dkk, bener2 kombinasi yang tepat yang bisa gw semangat. dan buat gw yg jadi tukang ‘pukul’, semangat itu ya gw salurin lewat gerakan tangan dan kaki. poll banget deh pokoknya.

lagu-lagu yang gw sebutin di atas tadi terus gw pelajarin dan maenin sampe sma sekitar kelas satu. sampe akhirnya band-band itu mulai tua dan lagunya udah g se-semangat dulu. gw pun dengerin lagu baru. incubus. hmm….me like this band very much! pas sma gw dengrin lagu-lagu mereka dari album make your self. lagu-lagu di album itu, buat gw, lirik dan musiknya bagus banget. liriknya yang menginspirasi, dan musiknya yang nyambung sama liriknya. mulai dari privilege,drive, pardon me, sampe ke yg agak mellow kayak stellar dan i miss you.

dari album make your self, gw mulai tertarik dengan incubus. nyari-nyari album yang laen, cari tau liriknya, dan melajarin musiknya. sampe sekarang. lirik-lirik mereka kuat. menginspirasi dan buat gw, sering aja lirik-lirik mereka cocok dengan keadaan mood gw. bahkan gw pernah bilang ke seorang teman kalo lirik lagu incubus beberapa ada yang kayak lirik lagu nasyid. dalam artian, lirik lagu mereka ada yang nyuruh kita untuk bangkit, semangat lagi, memahami konsekuensi atas segalanya, dan memilih yang baik daripada yang buruk. bahkan, kl agamanya g diliat, mereka lebih bagus dari nasyid. kadang, gw suka males aja denger kebanyakan lagu nasyid yang musiknya lemes dan gak bikin semangat meski liriknya bagus (no offense.it’s just my personal opinion). tapi kl lagu-lagunya incubus, selain liriknya yang bagus, musiknya juga sesuai dengan liriknya. kalo emang liriknya nyuruh semangat, ya musiknya ikut membawa suasana si lirik, akan membuat semangat juga. atau, ketika liriknya mengajak kita untuk merenung, maka musiknya pun dibikin agak tenang.

tapi sayang euy..sampe sekarang, gw blom pernah maenin lagu-lagunya incubus..gak banyak gitaris yang bisa menghasilkan bunyi efek gitar kayak yang dimaenin sama mike (gitarisnya incubus). atau, gak banyak orang yang bisa bersuara kayak brandon (vokalisnya incubus). selain itu, peran DJ yang cukup membuat lagu incubus berisi, belom banyak bisa dilakukan sama orang indonesia. itu aja sih. kl bassis sih pernah nemuin yang bisa maenin lagunya incubus, karena emang bass di lagu2 incubus g yang aneh2. tapi ujung-ujungnya mentok di vokalis dan gitaris. hix  🙁

wah..jadi ngebahas incubus…hehe…

lanjut.

variasi musik yang gw denger pas kuliah semakin bertambah. jazznya jamie cullum, permainan gitarnya john mayer, suara serak dari vokalisnya young and restless, sampe ke ‘gila’nya(gila karena hebat) drummer dream theater. music is kind a stress release and my way to train my left and right brain. ketukannya bikin gw belajar untuk konstan dan teratur. bwt gw yg drummer, playing drum really made me learn how to controlling both of my hands and legs. smua tangan dan kaki bergerak, dan dengan gerakan yang beda-beda. bener-bener belajar gimana caranya ‘misahin’ pikiran. mungkin efeknya gw jd bisa multi tasking kali ya? dan terakhir, tentu aja mengasah kreatifitas gw. ya..meskipun belom sampe ciptain lagu sendiri sih. tapi setidaknya udah bisa mengaransemen ulang lagu-lagu orang.

di tahap yang sekarang, dari sekian banyak kegiatan gw, ada 2 hari khusus yang akan gw pake buat latian band. well, baru mulai sih. but better than nothing just like my previous years. udah ada kali 2 tahun gw g latian lg..kaku jadinye! dan jazz, itu yang akan gw coba maenin sekarang.

cullum, tompi, n others, here i come.

share and enjoy.
Get Adobe Flash player