dari dulu nih, kalo yang namanya udah melajarin sesuatu yg berurusan sama yang namanya komputer, pasti gw bakalan tahan berjam-jam,entah itu berjam-berjam di depan komputer, atau berjam-jam baca buku (yang ujung-ujungnya pasti ke depan komputer jg sih).

pengalaman pertama berjam-jam di depan komputer adalah, kalo gak salah, saat gw masih SD. dulu, gw udah dikenalin sama komputer sejak gw kelas 5 SD (thx to SD Ananda bekasi timur). yang diajarin waktu itu adalah tentang hardware, mulai dari mouse, monitor, papan kunci, n cpu, dan dos. gw inget banget kalo jaman itu disket yang masih dipake adalah flopy disk yg 5,5″. yang tipis, bisa dilekuk-lekukin n dalemnya ada kaya lembaran magnetik, trus bagian lembaran magnetik yg keliatan sangat diwanti-wanti untuk gak boleh disentuh. haha…terdengar sangat oldschool ya,disaat sekarang, orang2 udah nenteng2 FD yg ukurannya bisa 1/20 flopy disk tadi, dengan kapasitas bisasampe 1000kali lipatnya.

disket 3" n 5"

sebenernya, sebelom itu, gw udah mulai berinteraksi dengan komputer di rumah, melalui game.hehe..thx to my mom n dad for introducing me such tecnology at my early age. dulu gw inget banget kl game yg gw maenin adalah age of empire 2.hwaa…gila dah tuh game…jadul abiss kl skarang mah…masih 2D, dan tampilan grafis yang biasa aja. jauh banget deh kalo dibandingin sama game-game sekarang. tapi  dulu gw inget banget saat menginstall game itu berdebar2 nya udah kayak gw nungguin mw disunat!hahaha..lebay ye?tapi emang qok.gw saat itu merasa sangat interest dan menikmati setiap langkah yang dilakukan untuk meng-install game itu. mulai dari gimana cara meng-crack game itu, sampe tulisan-tulisan yang muncul saat game itu di-install. ‘kerennn…’ pikir gw saat itu.

dan sekarang, saat disket 3,5″ udah mulai ditinggalkan,(udah punah blom ya?)  dan orang-orang udah mulai bawa-bawa hardisk portable sebagai pengganti disket, gw masih amat suka semua hal yang berhubungan dengan komputer. thx to internet dan kaskus yang udah memperkenalkan ke gw tentang banyak hal yang berhubungan dengan internet.

saat-saat awal gw kenal internet adalah saat kelas satu smp.saat itu gw menggunakan internet kebanyakan untuk mencari gambarnya Limp Bizkit, band yang lg ngeboom saat gw smp. mulai dari gambar saat mereka konser, lirik lagu, sampai ke peralatan yang mereka pake. selain itu, saat smp gw juga suka banget nyari-nyari info tentang sepeda BMX. hehe..iya, gw dulu sempet ‘mendalami’ olah raga ekstrim itu, pas kelas 2 n kelas 3 smp tepatnya. gw sering banget tuh terngiler-ngiler ngliat sepeda-sepeda yang dipake para atlet sepeda bmx yang di luar negri. merk terkenal yg masih gw inget untuk batangan sepeda bmx adalah haro.gila nih merk. disaat batangan kayak GT, wim cycle, dyno, batangannya cuma seharga 500an ribu, so haro ini udah seharga diatas satu jutaan! dan itu baru batangannya aja, belom sama sadel, rante, stang, jok, jalu (tempat boncengan), pelek, jari2, rem, rotor, dll lah…satu sepeda ada kali harganya 3jutaan!ngiler berat lah gw saat itu…(sekarang jg sih).

well, itu jaman smp. jaman sma gw agak kurang ngotak-ngatik komputer n internet. gw lebih banyak maen band ketika gw sma. jadi internet kebanyakan cuma dipake buat nyari lirik, nyari kord (bukan buat gw maenin, karena gw g bisa maen gitar), atau nyari lagu+video klip dari band-band yang lagunya gw maenin. trus komputer di rumah juga lebih sering kepake buat maen game aja, dibanding buat dijadiin kelinci percobaan. tapi, di jaman sma ini, gw sering banget baca majalah komputer. judulnya komputer aktif indonesia. keren tuh majalah kl menurut gw. easy to read, jelas, n cocok buat pemula. kumpulan tips n triknya juga keren. walau ringan, tapi sangat berguna, karena kebanyakan tipsnya adalah untuk pengguna microsoft office. dulu gw rutin tuh beli tuh majalah. sebulan sekali, harganya 15ribu, terbitnya setiap hari kamis kalo gak salah. tapi sayang, sekarang udah gak terbit lagi…kalo baca disini, penyebab mereka berenti terbit adalah karena berakhirnya kontrak Gramedia Majalah dengan VNU Business Publication. sayang banget…

tampilan sampul komputer aktif

nah…baru deh, pas kuliah, gw mulai lagi deh bereksperimen n banyak belajar tentang komputer. berawal dari kaskus.us dengan room #14nya, gw mulai ‘pemanasan’ lagi untuk masuk ke dunia komputer. gw jadi lumayan tau banyak tentang program-program bagus, n gimana cara gunain program itu. selain gunain, tentu juga disana tersedia banyak banget program-program yang gratis, atau yang ‘dibuat gratis’. hehe..ccpb gt loh…kl g ada yang versi gratisnya, biasanya akan dibuat gratis oleh orang-orang yang ada disana :D.

skrinsutnya si room #14 @ kaskus.us

dulu, di room itu, banyak banget suhu n master reverse engineering yang sering nge-crack suatu program (terutama billing warnet.hehe). sebut aja movzx, lucubrb, lordnara, n laen2. mereka dulu sering tuh ngasih tutorial tentang bagaimana nge-crack suatu program. apa lagi agan movzx. lucubrb n lona jg blom jd momod kayak sekarang. kalo movzx sekarang udah jarang ngepost lg di kaskus. kalo cari di kaskus aja, posting terakhir doi adalah bulan oktober tahun lalu. gara2 udah punya anak kali yee….entahlah…yang jelas, gw dapet banyak banget pelajaran tentang komputer dari room #14 itu.

sampe akhirnya…

gw bisa benerin komputer temen2 gw…ya,emang bukan benerin masalah hardware sih, baru sekedar masalah software aja. tapi setidaknya, gw jd tau beberapa problem yang sering muncul kl komputer rusak dan bagaimana cara benerinnya. alhamdulillah, gw jg jd sering dapet bingkisan karena udah bantuin benerin komputer mereka. thx ya guys.hehe… ohya, bahkan gw dulu sempet ‘direkrut’ sama salah satu tempat reparasi komputer di jatinangor. lumayan, benerin 1 laptop n 1 komputer. jadi ajah dapet uang dari situ juga 😀 tapi sayang, tu tempat servis komputer cuma bertahan idup beberapa bulan aja. jadi status ‘karyawan rekrutan’ juga ilang deh. n again, thx to room #14 itu. karena gak jarang, dalam ngebenerin komputer orang, gw juga nanya-nanya n baca2 thread yang ada di situ. mulai dari dunia pervirusan, recovery data, sampe ke inul windos pake FD. mantap lah pokona mah room eta teh.

nah, itu kalo cerita di tingkat awal kuliah. menanjak ke tingkat mengengah kuliah, gw mulai belajar tentang networking. diawali dari niat pengen buka warnet di rumah, jadilah gw mulai belajar tentang warnet n segala tetekbengeknya. networking, billing, security, perkabelan, peralatannya, koneksinya, software yang dibutuhinnya, dan perbiayaannya. kali ini gw ditemenin sama kk gw. jadilah gw n kk gw begadang sampe entah berapa hari demi untuk membangun sebuah warnet.tapi seruw! jujur, itu pengalaman pertama gw ngebangun sebuah network dan belajar secara otodidak+ilmu yg didapet langsung diterapin. kk gw jg kayaknya begitu deh. ohya, alhamdulillah ada temen kk gw jg. doi emg udah agak lebih berpengalaman dari gw n kk gw. tapi tetep, seru! it’s such a great experience for me. penasaran, deg-degan, geregetan duh aku geregetan (loh,qok malah nyanyi??), dan puas! puas banget gw saat ngliat warnet udah mulai berjalan dan segalanya berfungsi (meski g berfungsi dengan terlalu baik jg sih). puas, puas, puas, seneng, seneng, seneng….apa lagi saat pengunjung rame.hwaaa….tambah seneng lah gw….

tapi tetep, optimasi, modifikasi, reparasi n rehabilitasi juga dilakukan setelah warnet itu jalan. fyi, di warnet gw dulu, ada 3 komputer yang keilangan ram!gila dah ah! niat banget tuh maling! padahal kan itu ram ada di dalem cpu. n itu brarti, tuh maling kudu nunduk dulu (karena cpu gw taro bawah), buka casing cpunya pake obeng, trus ambil itu ram, trus pasang lagi tutup casingnya.niat banget kan??  n believe it or not, penjaga warnet gw saat itu kagak nyadar kalo ada yg ngambil tuh ram!parah dah ah…selaen itu, ada juga tuh user yang suka iseng install program2 tertentu. mulai dari idm, sampe ke program buat saham. kalo itu sih udah bisa diatasin pake dipfriz. sekali restart kompi, ilang dah smua. tapii….kadang suka ada hitech user juga nih..ini yang bikin repot. mereka tuh sukanya bawa program yang portable-portable-an, kayak IDM portable atau DAP portable. ini yang sempet bikin agak ribet dulu. dicari-cari solusinya, dapet. bisa pake anti-exe-nya faronic. tapi seringnya ni program malah ngelolosin program2 portable itu. repot jg deh. akhirnya, pake cara yang agak ‘anarkis’, remote desktop user, trus kalo ketauan mereka gunain program2 yang aneh, hajar bleh!langsung matiin dari server. (kalo sekarang-sekarang, mungkin bisa diakalin dengan ngebatasin kuota untuk setiap user.sayangnya dulu gw blom tau caranya)

pas buka warnet ini, gw juga mulai berkenalan dengan linux(well, bukan awal banget sih. awal gw kenal dengan linux kapan, gw jg udah lupa. tapi bisa dibilang, untuk urusan networking dengan linux, saat itu adalah pertama kalinya buat gw).  dulu sempet bingung mo pake windos ato linux karena takut ada razia windos original. dulu sempet  nyobain install mandrake (sekarang mandriva) buat OS di server n user. tapi akhirnya gak jadi karena kebutaan akan linux para warnet buildernya. akhirnya nekatlah pake windos ajah. alhamdulillah dari mulai buka sampe tuh warnet akhirnya bubar, g pernah ada rajia sih.

akhirnya Allah ngasih gw kesempatan lagi buat belajar networking di linux. karena warnet yang di rumah makin sepi, akhirnya diputuskan kalo warnet itu dipindah ke bogor. disana ada kk gw yang tinggal sama istrinya, jadi kk gw n istrinya lah yang ngurusin warnet itu. singkat cerita, karena posisi warnet itu berada di pinggir jalan yang rame dan deket dengan pusat kota, akhirnya untuk kali ini, warnet harus make linux supaya terhindar dari masalah legalitas software. gw pun langsung dipanggil ke bogor sama kk gw buat bangun jaringan lagi, cuma kali ini di linux.

damn…padahal kan gw baru bisa install n pake linux buat kegiatan sehari-hari aja. itupun sebenernya blom lancar2 amat. apa lagi ini, disuruh buat jaringan n internet sharing dalam jaringan. belom buat billingnya. n yg lebih spesialnya, warnet kali ini bukan cuma sekedar jaringan yang berkabel aja, tapi juga jaringan tanpa kabel (wireless)!! bah…edunn… jujur, gw ngerasa sangat tertantang saat itu. entah gw yang emg suka tantangan atau gw yg nekat atau gw yang udah gila, gw iyain aja apa kata kk gw buat dateng ke bogor n bantuin bangun jaringan linux untuk warnet disana. satu yang ngebuat gw yakin saat itu:internet adalah sumber segala informasi. selama gw mw cari n g gampang nyerah, gw pasti bisa ngedapetin info yg gw mw n langsung gw terapin.

yap, bermodal keyakinan, kenekatan, kegilaan, atau apapun namanya itu, gw lgsg caw ke bogor. ohya, gw juga sempet beli buku tentang networking di linux n tentang ngebangun jaringan wireless di linux. install ini install itu, bikin kabel dan segala kebutuhan dasar lainnya, akhirnya sampe pada tahap ke networking. awalnya gw ngikutin langkah2 yang ada di buku. okey, untuk jaringan kabelnya bisa. satu komputer udah bisa saling berkomunikasi satu sama lain. tapiii….ko yang bisa konek ke internet cuma servernya aja yaaaa???….mulai lah panik. dan, sekali lagi, thx to temen2 di kaskus.us, gw bikin thread di kaskus, nanya-nanya disana, dan sampe akhirnya gw di assist langsung melalui YM dan komunikasi di thread itu sampe bisa. dahsyat! padahal qt (gw n kaskuser) itu sama sekali belom kenal sebelomnya, tapi doi mau ngebantu, bahkan dibela-belain ceting lewat YM!mantap gannn…..akhirnya gw mulai sedikit belajar mulai dari IPtables, sampe squid. akhirnya satu network bisa deh konek ke internet….hwaaaa…..legaaaaa…….

eits, belom selesai. itu kan baru networking n internet sharingnya aja. blom billingnya n wireless networknya.

kalo bagian wirelessnetwork, jujur, gw cuma baca2 aja dari apa yang ada di configuration page si AP(Access Point). kebetulan yg gw beli adalah AP sekaligus adsl router. jadi dikotak-katik ajah, krn gw pikir, untuk router pasti g jauh beda sama yang di warnet di bekasi dulu. alhamdulillah akhirnya bisa. wired n wireless network udah bisa konek ke internet. tinggal satu hal lagi yang belom:billing.

ngubek-ngubek internet buat nyari billing yang jalan di linux ternyata agak2 susah. dapet sih. tapi adaa aja kurangnya. apa lagi, internet untuk wireless network juga mw di billing. pernah gak kalian saat mengakses wifi, tapi ternyata si wifi itu diprotek. atau kalo udah bisa konek pun, harus masukin username n password supaya bisa konek. bahkan, ketika udah punya username n password pun, pemakaian kita dibatasi, atau penggunaannya terpantau durasi dan seberapa besar data yang ditransfer. nah, software yang semacem itulah yang gw n kk gw cari untuk warnet di bogor itu.

thx to Allah, akhirnya qt dapet satu billing yang mantep, bisa buat wired n wireless network, n yang terpenting:GRATISSS! yang lebih membanggakan adalah, billing itu pun buatan orang indonesia!! udah terkenal pulak di luar negeri!mantap lah… billing itu namanya EasyHotspot. silahkan klik linknya. disitu, tuh billing bisa didownload secara gratis tis tis tisss.kl yang males donlot, bisa order langsung ke yang bikin, sekaligus mendanai project itu. sumpe deh, ni billing gampang make n installnya. kalo donlot atau beli ni billing, lo bakal dapet dalam bentuk OS. billing ini udah langsung di-bundle sama xubuntu (turunannya ubuntu). jadi install ni billing sama aja kayak install linux biasa. sedikit konfigurasi, n u’re done! u’re having  your own wired n wireless billing now, n for free! mantep kan??

easyhotspot ini bisa digunain di multi platform!mantap dah!

hwaa,,,rame dah pokoknya kl ngomongin pengalaman gw yang berhubungan dengan komputer! bahkan sampe ada yang gw kudu pergi ke tempat yang blom pernah gw datengin sebelomnya demi untuk ngebantu sebuah warnet yang pengen ngeblok situs2 porno.beuh…sejam lebih tuh gw di jalan buat nyari2 warnet itu. tapi alhamdulillah setelah itu gw dikasi ‘honor’ lagi. hehe..(thx to nina yg udah mercayain gw buat bantuin warnet omnya :D)

sekarang…

gw lagi belajar programming, web programming tepatnya. bahasa pemrogramannya php, dan mw g mw, sekaligus melajarin tentang database yang pake MySQL. gw n 3 orang tmen gw(rani, hilma, n dion) mw bikin program buat eHealth (proyek PKMT). selaen itu, gw jg sambil blajar java buat iseng-iseng. ditambah, gw jg lg blajar how to get money from internet from adsense. hehe..smw yg gw sebutin sebelomnya adalah hal-hal baru, yang blom pernah gw plajarin sebelomnya n selama ini gw cuma cengo kalo ada orang yang ngomongin itu semua. tapi sekarang, gw lagi melajarin, n semoga gak akan cengo lagi kalo ada orang yang ngomongin beberapa hal tadi. ohya, selain programming n adsense, gw jg berencana mw mlajarin lebih dalam lagi tentang networking di linux. squidnya, iptablesnya, keamanannya, dll. bahkan kalo bisa, sekalian mlajarin tentang cisco n mikrotikOS.pengen banget dah.

hwaaa…..

jauh emang. gw yang kuliah di kimia unpad, malah sekarang suka di bidang perkomputeran. mungkin akan ada yang bilang kalo gw salah pilih jurusan pas spmb dulu. tapi akan dengan sangat tegas gw bilang bahwa gw gak pernah merasa salah milih jurusan dan gw gak pernah nyesel dengan kuliah di kimia unpad. gw emang suka dengan kimia, karena itu gw pilih di spmb. tapi selain kimia, gw juga suka dengan computer stuff, dan karena itu gw pilih matematika itb (gw nyadar diri untuk gak milih informatika atau teknik komputer.gak mampu otaknye). dan sedikit banyak, dengan gw kuliah di kimia unpad, gw justru malah dapet banyak kesempatan untuk mempelajari komputer, meskipun secara otodidak. selain dapet kesempatan, gw jg dapet temen2 yang luar biasa, plus cara berpikir yang logis. dengan gw kuliah di unpad, gw juga dapet banyak banget pengalaman berorganisasi dan pengalaman tentang hidup itu sendiri. i told you one thing: kuliah akan menjadi sangat ‘sayang’ kalau lo hanya mempelajari apa yang lo dapet saat di kelas aja, dan kuliah gak selalu menjadi penentu bidang karir lo. ada terlalu banyak hal yang akan sangat sayang untuk lo lewatkan di dunia perkuliahan. kuliah bukan hanya untuk pengembangan bidan ilmu yang lo pilih aja, tapi juga bisa untuk pengembangan diri.

dan bagi gw, gw udah ngerasa kayak ketergantungan dengan dunia komputer. kalo mengerjakan sesuatu yg berhubungan dengan komputer, gw ngerasa seneng, n kl g, ya…biasa aja sih.hehe. yang jelas, gw akan mereasa lebih asik, penasaran, n bahkan sampe lupa waktu kalo udah ngotak-ngatik komputer, atau blajar programming, atau ngotak-ngatik internet. ada tiga hal lagi sebenernya yang bisa bikin gw ngerasa kayak gitu, foto, nulis, n denger+maen musik. tapi berhubung komputer adalah hal yang paling terjangkau buat gw sekarang, termasuk nulis pun di komputer, yaudah deh, mendalami yang komputer dulu.

well….

that’s it. i’ve share bout things that im addict to. how bout you guys? what are you addict to?in positive way ya tentunya.. 🙂

*btw, sori kalo kepanjangan, inilah gw kalo udah mulai nulis 😀

share and enjoy.
Get Adobe Flash player