let’s just talk.

bismillah..

malem minggu, ditemenin radio dan laptop (serta koneksi internet tentunya). yaa… seperti kebanyakan orang2 yg masih single lainnya, kebanyakan akan maen sama temennya, atau kalo lagi males ngapa2in, ya di rumah aja, ngenet, atau nonton tv.

gw?
denger radio, sambil nulis. mencoba sedikit produktif, sambil mau coba sedikit berbagi.

berbagi tentang gimana rasanya kalo lo diomongin oleh orang lain di sekitarlo, tapi lo gak tau.
kayaknya gw tau gimana rasanya.

sakit lha ya pastinya. apa lagi yang diomongin adalah kejelekan-kejelekan lo, ditambah bumbu fitnah yang macem-macem dan gak jelas dari mana asal-usulnya. ya, gw pernah diomongin yang nggak-nggak. ditambah bumbu fitnah pulak. berita gak bener tentang gw pun menyebar.

dari mana gw tau kalo gw diomongin? yaa…. itu lah cara Allah yang ajaib bin gak terduga-duga. sama ajaibnya saat lo yang dulunya kuliah di jurusan (atau fakultas ya?) radiologi, tapi kemudian lo malah asik di dapur bikin kue, buka toko kue, dan tentunya kue-kue itu gak perlu di ronsen segala demi untuk lo menghargai ilmu radiologi yang udah lo pelajarin. lo gak tau masa depan lo kayak gimana, lo cuma jalanin hidup lo semampu yang lo bisa, dan selanjutnya Allah akan menunjukkan jalannya. ya, seajaib itu lah Allah menunjukkan ke gw kalo ada orang yang ngomong yg enggak-enggak tentang gw. dan nasib orang itu sekarang? udah gw maafin. cuma males aja berinteraksi sama orang itu. hehe

tapi sebelom gw maafin tu orang? wah, sori sori sori jek. gw harus marah besar ke orang itu. nyebarin fitnah gt loh. ngomong yg aneh2 pulak tentang gw. sakit, men.

kemudian, mari bertanya ke diri sendiri, gimana rasanya kalo kita diomongin oleh orang lain tentang kejelekan kita, menduga-duga yang aneh-aneh tanpa mengklarifikasi ke kita, atau bahkan, sampe menyebarkan fitnah tentang diri kita. mungkin orang yang ngomongin kita nyangka kita gak akan tau, karena kita jarang berinteraksi dengan orang yang ngomongin kita. tapi seperti yang gw bilang tadi, akan ada saatnya Allah menunjukkan ke kita. tada! tiba-tiba kita tau. orang yang ngomongin kita ternganga kaget. gak nyangka kalo kita bisa tau. masih mending kalo yang kita omongin itu orangnya sabar nan baik dan pemaaf. mungkin cuma perlu maap-maapan plus sedikit adegan menangis dari si orang yang gosipin kita sambil minta maap. nah kalo yang digosipin itu hitler, terus yang ngegosip itu ratu inggris, bisa perang dunia tuh. iya, lebay dikit. gapapa lah.

gw cuma mau bilang, saat kita ngegosipin orang itu emang kerasa enak. ngebahas kejelekan orang lain dari pada kejelekan kita. mengolok si anu dan kita aman dari olokan. malah teman-teman kita semakin mengolok si anu. makin aman lah kita dari olokan orang lain. tapi pikirin apa yang akan terjadi kalo suatu saat nih, si anu tau kalo dia kita omongin. dia tau kalo kita nyebarin kabar berita yang aneh2 tentang dia. apa yang akan terjadi antara kita? apa yang dia pikirkan ke kita? apa yang akan dia lakukan setelah dia tau kalo dia digosipin sama kita? akan terjadi perang dunia kah? atau apa?

ada satu kalimat keren yang gw dapet dari 9gag :

great minds talk ideas

nah, kalo kita ngomongin orang, sekecil itu kah pikiran yang kita punya?

“Tahukah kalian apa itu ghibah?”

Mereka (para sahabat) menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.”

Kemudian beliau shallahu’alaihi wasallam bersabda, “Engkau menyebut-nyebut saudaramu tentang sesuatu yang ia benci.”

Kemudian ada yang bertanya, “Bagaimana menurutmu jika sesuatu yang aku sebutkan tersebut nyata-nyata apa pada saudaraku?”

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Jika memang apa yang engkau ceritakan tersebut ada pada dirinya itulah yang namanya ghibah, namun jika tidak berarti engkau telah berdusta atas namanya.” (HR Muslim 4690)

share and enjoy.

Comments

Mungkin dijadiin bahan introspeksi diri aja supaya ga jadi emosi, benar ga sih lingkungan kita menggambarkan diri kita seperti itu?? Yg dipikiran orang kan beda-bada, tergantung gmana kita bersikap, memang sempurna bukan milik manusia tp ga ada salahnya berusaha untuk menuju sempurna, dan menjadi sebaik-baiknya manusia. ^^

Jangan terlalu dipikirin kalau mmg beritanya ga benar, toh setiap fitnah mereka kpd kita akan jadi penggugur dosa kita, sMangatlah yaa (҂˘̀^˘́)9

posted by Ratih Rachmawati (@rhytm_of_17) / 09.01.12 - 7:10 am

Leave a comment


Subscribe Scroll to Top