You are currently browsing hikmah

smua kejadian, dan apa yang saya dapat dari semua kejadian itu (dari sudut pandang saya tentunya)

Browse archive...

← Back to Homepage

nyalahin anak?

banyak orang tua yang nyalahin anaknya untuk suatu alasan yang gak jelas, terutama untuk anak yang masih bayi. Umur sekitar 1 tahun,dimarahin 'kamu kenapa sih seneng banget ngeberantakin barang??' atau 'itu kenapa makanannya di berantakin??' bisa juga 'jangan maen aeeeerrr!!!' dan kesemuanya itu diucapkan dengan nada tinggi. Siapa yang ngaco? Seorang batita yang ...

View nyalahin anak?

doa?

banyak dari temen gw yang bilang doanya terkabul. ada yang doa begini, maka dapetlah begini. ada yang doanya begitu, jadilah begitu. memang, ada juga yang doa begono, tapi g bisa begono. entah kenapa gw ngerasa g sering berdoa dengan spesifik. jarang berharap bisa mendapat a, bisa menjadi b, supaya c, dsb. gw lebih sering untuk melihat peluang, mengambil dan melakukan peluang itu, dan hanya berdoa 'kuatkan, ikhlaskan, dan semoga bermanfaat bagi banyak orang pada proses dan hasilnya nanti.' gak punya mimpi? gak punya harapan? ada dong.

View doa?

don’t sweat the small stuff.

jangan anggap remeh hal yang kecil. sekecil apapun sesuatu hal, bisa jadi akan sangan mengganggu anda, mengecewakan anda, menyenangkan anda, menguntungkan anda, atau apapun kondisinya yang dapat membalikkan ekspektasi anda. termasuk masalah kontrasepsi. pernah denger salah satu alat kontrasepsi yang sering disebut sebagai 'spiral' kan? kebanyakan orang menganggap, kalo udah make alat kontrasepsi jenis itu, hamil akan menjadi hil yang mustahal. tapi ada juga dokter yang menganggap bahwa dengan make spiral, kemungkinan untuk hamil akan berkurang 99%. jadi kemungkinan untuk hamil hanya tinggal 1% aja. yang namanya kemungkinan, walau cuma 1%, kehamilan masih bisa terjadi.

View don’t sweat the small stuff.

cemburu

*tulisan ripos lg dari FB saya subhanallah... banyak dari kita yang amat ingin disayangi oleh seseorang atau juga menyayangi seseorang, dan kita pun berdoa dan berusaha agar bisa seperti itu. tapi kawan, Allah Maha Adil.. Dia tak hanya akan memberimu rasa sayang yang amat kau impikan dan inginkan, tapi juga akan ada rasa cemburu yang menyertainya.. rasa sayang yang amat indah, dalam sekejap akan terasa begitu menyakitkan jika rasa cemburu mulai datang.. ketika kita, sebagai manusia, yang amat ingin agar sesuatu yang amat kita sayangi tidak pergi dan beralih kemana-mana..itu wajar dan amat manusiawi.

View cemburu

uhibbuka/ uhibbuki/ uhibbukum fillah?

tulisan lama yang ada di FB saya jaman baheula..mungkin ada yang ingat? :) seberapa dalam kita menghayati kata2 yang saya jadikan judul notes ini? saya mencoba untuk mendeskripsikannya bedasarkan pemahaman saya. saya mencintaimu/menyayangimu karena Allah (untuk yang beragama selain Islam,silahkan menyesuaikan nam Allah dengan nama tuhan yang anda percaya.). satu kata kerja (mencintaimu/menyayangimu), tiga kata benda/Zat (saya, kamu, Allah). "saya mencintaimu" merupakan sebuah pernyataan. subjek yang melakukan pekerjaann pada objek. dan dalam kasus ini, subjeknya adalah saya, pekerjaannya adalah mencintaimu, dan objeknya adalah kamu. dalam tiga kata ini, pekerjaan yang dilakukan melibatkan dua manusia. manussia ciptaan Allah, manusia yang memiliki banyak kekurangan dan kelebihan, dan manusia yang juga salah satu tugasnya adalah untuk beribadah kepada Allah dengan cara apapun selama dia hidup di dunia ini. itu berarti, kata kerja 'mencintaimu' pada pernyataan ini, merupakan kata kerja yang berarti dua, dan saling tergabung. pertama mencintai objek (atau 'kamu' disini), dan beribadah (karena manusia adalah mahllluk ciptaan Allah). dapat disimpulkan, 'mencintaimu' dalam pernyataan ini adalah sebuah kata kerja keduniaan dan keakhiratan.

View uhibbuka/ uhibbuki/ uhibbukum fillah?

anak yang shalih, orang tua, dan…..

bismillah.. setelah sidang sarjana kemarin, baru sempet nulis lagi.. kali ini, gw blm akan nulis tentang bagaimana pengalaman gw selama hingga sampai bisa sidang jumat kemarin. banyak yang pengen diceritain sebenernya. tapi nanti aja lah ya.. sekarang cuma pengen nulis tentang sesuatu yang lg mengganjal pikiran gw. jodoh. yaa...tema yang klasik sebenernya. gw g akan nulis betapa bingungnya gw milih seseorang. atau gw g akan milih betapa galau gw karena ditinggal si bebek, eh, bebeb. g juga tentang betapa menyenangkannya punya seorang kekasih. gw mau nulis faktor lain yang sedikit banyak menentukan masalah perjodohan ini. orang tua.

View anak yang shalih, orang tua, dan…..

tentang toleransi

di Indonesia, kita tau bahwa pemeluk agama Islam menjadi mayoritas dalam jumlah kalo dibandingkan dengan jumlah pemeluk agama lain. maka tak jarang, kita menemuka pemeluk agama selain Islam menjadi minoritas pada suatu daerah. Organisasi-organisasi massa yang berasaskan Islam juga jumlahnya sangat banyak. di kampus saya sendiri (Unpad), dan saya khususkan di ...

View tentang toleransi

just my extreme thought?

hehe,sok-sok-an nulis judul pake bahasa inggris. padahal mah isinya bahasa indonesia :D well, gw mau nulis satu pemikiran gw yang udah dari dulu kepikiran, cuma belom tau apa jawaban benernya. mungkin sebenernya gw udah tau jawaban sebenernya. tapi...ehm...gitu deh...bisa dibilang hal yang gw pertanyakan dan pikirkan salah ini udah sangat umum ...

View just my extreme thought?

spiker baru (dipenjemin)

sekali lagi, Allah pasti mendengar doa setiap hambaNya. doa itu, akan segera dikabulkan, atau ditunda pengabulannya (ada ya kata 'pengabulan'?), atau diganti dengan yang lebih baik. bahkan untuk doa yang tidak benar-benar kita doakan, Allah juga pasti mendengarnya. spiker ini contohnya.

View spiker baru (dipenjemin)

tanggung jawab laki-laki #LifeAsIKnow

seharian tadi bisa dibilang gw jadi supir. supir dari kk gw yg pertama, suaminya, dua anaknya, n nyokap gw. ya, mereka lagi pada maen ke bandung. mau refreshing katanya sih. ya, refreshing di bandung pada saat long week end. jadi kebanyakan hanya kemacetan lah yang mereka alami. agak2 unplanned sih. ...

View tanggung jawab laki-laki #LifeAsIKnow

← Older
Subscribe Scroll to Top