rss search

next page next page close

Lampu merah

Lampu merah.
Paling lama durasinya mungkin 3 menit. Gak akan lebih dari 5 menit.

Lampu merah.
Ditempatkan di persimpangan jalan. Pertigaan. Perempatan. Perlimaan. Dst.
Lampu merah.
Biasanya ada polisi. Ada hitam putih zebra cross. Ada batas.

Lampu merah.
Sering diterabas. Sering dibablas.

Lampu merah.
Bisa bikin marah-marah. Saat yang merah jalan terus, yang hijau diam tak bergeming.

Lampu merah.
Pengamen berkapak merah. Mata merah. Berteriak marah meminta lembaran merah dari dalam dompet.

Lampu merah.
Saat yang merah berhenti, klakson dibelakang berbunyi tak henti. Ingin segera pergi, tak takut mati.

Lampu merah.
Hitam putih tempat menyeberang. Hilang ditiban kendaraan yang siap berperang mencari uang.

Lampu merah.
Tempat mencari makan mereka yang berseragam.
Seragam coklat, biru, hitam, perak, debu, bau…

Lampu merah.
Aku jengah.


next page next page close

Keegoisan bersama

Banjir.
Udah pada tau kan banjir itu apa?
Bahkan kayaknya semua orang di jabodetabek udah ngalamin kebanjiran, entah itu di rumahnya atau di jalan menuju kantor.

Kalo ada yang pernah nyalahin curah hujan dan daerah tetangga sebagai penyebab banjir, pendapat gw orang itu salah. Karena yang nyebabin itu sifat egois manusia.

Rumah gw kebanjiran.
Banyak daerah di sekitar rumah gw jg kebanjiran. Yang bisa gw liat dari daerah yang kebanjiran itu adalah saluran pembuangan (got) yang g berfungsi. G berfungsi karena sampah. G berfungsi karena got itu ditutup.

Karena seorang manusia yang egois, dia gak mau repot dan mau bersih sendiri, dan akhirnya dia buang sampah dimana aja dia mau.

Karena seorang manusia yang egois, dia tutup ssluran pembuangan di depan rumah/tokonya supaya bisa dipake buat tempat parkir atau disewain buat tempat jualan lagi.

Karena seorang manusia yang egois, dia bikin perumahan/pertokoan di daerah resapan air.

Gila, kan?

Kalo kita banyak mengeluhkan karena banjir kita jadi g bisa kemana-mana, atau karena banjir kita jadi harus ngungsi di tempat yang g nyaman, atau bahkan karena banjir barang2 di rumah/toko kita jadi pada rusak, sebaiknya kita ngaca dl sebelum nyalahin orang lain. Seberapa sering  kita buang sampah sembarangan? Apa toko/rumah kita nutupin saluran pembuangan? Apa toko yang dibangun udah ada amdal nya?

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah banjir, dan kita harus mulai dari diri sendiri.

Termasuk buat Pak Presiden. Setelah Istana Negara kebanjiran 2 tahun berturut-turut, apa yang udah Pak Presiden lakukan untuk mengatasi banjir?


next page next page close

Jangan ada keributan gara-Gara Kata “Jangan”

Kultwit dibawah merupakan “jawaban” dr link berikut yg berjudul: Untukmu Yang Mengharamkan Kata Jangan, Adakah Engkau Telah Melupakan Kitabmu?
link artikelnya

by : bendri jaisyurrahman (twitter : @ajobendri)

1. Beberapa hari ini banyak yg tanya saya (lebih tepatnya ajak diskusi) seputar kata “jangan” dalam ilmu parenting dan Alquran

2. Sebagian ada yg mengatakan kata “jangan” sebaiknya dihindarkan diganti kata anjuran. Ini ajaran parenting

3. Sebagian yg lain justru mempertentangkan dgn berdalih bahwa alquran justru banyak memuat kata jangan. Apakah quran salah?

4. Ujung-ujungnya saling melabel. Seolah-olah ilmu parenting yg menolak kata “jangan” dianggap tidak islami, pro yahudi, dsb.

5. Nah, ini yg saya khawatirkan. Pertentangan yg berujung kepada labeling. Jangan-jangan ini disengaja. Eh kok pake kata “jangan”? 

6. Bukannya sok bijak. Sebab orang sok bijak sok bayak pajak hehe.. Tapi bersikap ekstrim meskipun baik tidak sesuai sunnah nabi.

7. Hakikatnya, islam ini agama pertengahan (ad diinul wasath). Maka tindakan menyalahkan ilmu yg bersumber dari barat tanpa dicari akarnya juga tak tepat

8. Seolah-olah kalau parenting itu dari barat jelas-jelas salah. Langsung tertolak. Padahal kita sering makan dari barat semisal rendang dari sumatera barat ‪#‎eh‬ 

9. Ilmu parenting pada dasarnya bagian dari ilmu “keduniawian” dimana rasul mengatakan “kalian lebih tau urusan dunia kalian”. Artinya silahkan inovasi

10. Tentu bukan berarti islam tak punya konsep dasar. Sama seperti ilmu kedokteran, parenting juga punya dasar ilmunya

11. Tapi Islam tak menolak inovasi dalam bidang kedokteran sebab berprinsip “hukum asal muamalah adalah boleh kecuali ada dalil yg melarang”

12. Maka, inovasi dalam kedokteran semisal operasi jantung, kemotherapi, dan cesar itu boleh kecuali yg jelas ada larangannya.

13. Sama juga dgn ilmu parenting. Muncul banyak inovasi yg tak semuanya kita tolak kecuali dgn dalil yg tegas.

14. Mengenai kata “jangan” itu sendiri tak perlu kita cari dalih. Hal ini memang ada dalam alquran. So what?

15. Tentu sesuatu yg berada dlm alquran tak boleh diragukan. Ini wilayah iman (QS 2:2)

16. Namun, sesuatu yg ada dalam alquran tentu harus dilihat prakteknya dalam keseharian nabi. Sebab beliau sejatinya ‘penerjemah’ terbaik maksud dari alquran

17. Jika hanya berdasarkan quran tanpa lihat praktek nabi, hati-hati bisa terkecoh. Bisa-bisa malah aneh.

18. Sholat, contohnya. Dalam quran perintahnya hanya rukuk dan sujud (qs 48 : 29). Jika tanpa melihat rasul, maka kita akan anggap sesat orang yg iktidal atau duduk tahiyat

19. Begitu juga penggunaan kata “jangan” dalam quran. Kita harus dudukkan dalam konteks ilmu parenting yg dicontohkan Rasul

20. Itu artinya, mari kita tengok sejarah bagaimana sikap rasul kepada anak-anak? Dan kita akan dapati beberapa perlakuan yg “beda”

21. Sesuatu yg dilarang kepada orang dewasa ternyata dimaklumi bahkan dibolehkan kepada anak-anak

22. JIka orang dewasa dilarang main patung atau boneka, ternyata anak-anak boleh. Aisyah contohnya

23. Jika orang dewasa dilarang ngobrol atau bercanda dalam sholat. Maka khusus anak-anak semisal husein, main di punggung rasul bahkan dibiarkan

24. Bayangkan, kalau yg main di punggung itu Umar. Mungkin sudah rasul marahin

25. Bahkan ada seorang anak yg pipis di baju rasul, dibiarkan. Tak dilarang. Kalau itu sahabat? Mungkin udah dikeroyok sama yg lain

26. Karena itu, melihat penggunaan kata “jangan” dalam alquran tak boleh sembarangan. Ada patokan dan standarnya

27. Untuk anak kecil yg belum baligh tentu beda perlakuannya dengan orang dewasa

28. Bahkan sesama orang dewasa saja masih ada perlakuan yg beda. Contohnya orang badui yg pipis di masjid nabawi dibiarkan, tak dilarang

29. Kenapa? Karena orang badui itu tak tahu alias bodoh. Inilah hebatnya rasul. Bersikap berdasarkan konteks kejadian

30. Jadi ayat tak dikeluarkan serampangan. Indah betul Islam ini jadinya

31. Karena itu, sebagai panduan penggunaan kata jangan ada beberapa pembahasan yg lumayan panjang. Salah satu yg mau saya bahas disini yakni konteks usia

32. Minimal ada 3 konteks usia penggunaan kata jangan sesuai sikap nabi : utk anak yg belum berakal, untuk anak yg sudah berakal dan utk remaja atau dewasa

33. Untuk remaja atau dewasa rasul tak ragu untuk memberikan kata jangan jika memang membahayakan agama orang ini. Biasanya terkait akidah dan akhlak. Disini quran lebih banyak utk mereka

34. Sementara utk anak, rasul sikapnya beda.Rasul bedakan yg sudah berakal mana yg belum.

35. Caranya sesuai petunjuk rasul dlm urusan perintah sholat yaitu “jika sudah bisa bedakan kanan dan kiri”. Itu artinya sudah diajak berpikir

36. Nah, untuk anak tipe ini (bisa bedakan kanan dan kiri) kata larangan atau “jangan” dibolehkan.

37. Tapi lebih elok jika ditambah solusinya agar mereka tau apa yg harus dilakukan. Ingat mereka minim pengalaman

38. Hal ini dialami oleh Rafi’ bin Amr Al Ghifari yg punya hobi melempar kurma. Rasul melarangnya namun kasih solusi.

39. Solusinya adalah kalau mau makan kurma, yg jatuh di tanah, tak perlu dilempar. Indah kan?

40. Sementara untuk anak yg belum bisa berpikir, rasul tak melarang. Lebih banyak memberi tahu sikap yg tepat. Bahkan cenderung membiarkan

41. Yang dibiarkan rasul juga biasanya terkait dgn hal-hal yg berkaitan dgn eksplorasi skill.

42. Rasul bahkan memotivasi anak yg lagi main panah di mesjid dgn ucapan “teruslah memanah. Sesungguhnya kakek moyangmu ismail seorang pemanah”

43. Kalau anak sekarang main panah di masjid? Udah jadi rempeyek dihujat jamaah hehe

44. Makanya, yg kedua yg harus dipahami selain konteks objeknya juga konteks apa yg dilarang

45. Jika untuk eksplorasi skill hindari kata jangan. Agar anak termotivasi kembangkan potensi. Tapi untuk eksplorasi spiritual dan emosi silahkan pakai “jangan” dgn penjelasan

46. Contoh penjelasan dlm quran “jangan ikuti langkah syetan, syetan itu musuh nyata bagimu”

47. Lebih elok jika larangan ada penjelasan. Tentu ini pas bagi anak yg sudah berpikir.

48. Kesimpulannya, gak perlu bersikap ekstrim. Parenting meski dari barat bisa jadi adalah hikmah kaum muslimin yg tercecer

49. So, buanglah sampah pada tempatnya ups..maksudnya pakailah kata jangan pada konteksnya.

50. Sekarang, silahkan cicipi jangan nya (alias sayur)  Salam – bendri jaisyurrahman-

_______________________________________________________

Yaa.. Namanya juga manusia, pasti ada salahnya lah ya. Tapi kultwit dr @ajobendri di atas kembali mengingatkan gw utk lebih menggunakan logika, bahkan untuk urusan agama sekalipun (kecuali untuk hal hal yang udah jelas harus diimani ya).
Karna pasti, agama Allah g akan pernah bertentangan dengan akal, ilmu, atw logika manusia, kan? :)


next page next page close

Siapa yang sangka?

Siapa yang sangka hidup dapat menjadi menyenangkan dan melelahkan dalam waktu yang bersamaan?
Siapa yang sangka hidup juga dapat menjadi begitu bau namun penuh dengan senyuman?
Kita tak dapat mengelak dari apa yang akan Allah berikan pada hidup kita. Tapi setidaknya kita bisa mengira-ngira apa yang akan terjadi pada hidup kita berdasarkan apa yang kita lakukan saat ini, kan?
Kita hanya harus mengingat, bahwa jawaban dari banyak pilihan itu memang sering kali hanya ‘ya’ dan ‘tidak’, tapi apakah ‘ya’ atau ‘tidak’ itu akan membawa kita ke surga, atau neraka?
:)


next page next page close

kepompong

kita pasti dan harus untuk berubah. menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk, itu kita yang menentukan.

saya berubah.
saya telah menjadi suami. menjadi kepala keluarga untuk seorang istri yang saya amat sayangi dan seorang bayi yang baru saja lahir.
anak pertama, pengalaman pertama menjadi bapak, dan pertama juga dan terakhir menjadi seorang suami.
banyak yang berubah pastinya.
untuk keluarga saya. untuk masa depan kami.
dengan semua nikmat dan cobaan yang telah dan akan kami terima, kami bertekad untuk menjadi lebih baik setelah semua yang telah kami alami.
terutama untuk anak (-anak) kami nanti.

ayah dan bunda sedang belajar, nak. sama seperti kamu yang sedang belajar dan menyerap banyak hal mulai dari dalam perut bunda hingga kamu hadir di dunia ini dan menghirup udara.
pasti kamu tau bagaimana perasaan ayah dan bunda selama kamu di dalam kandungan bunda.
kamu juga sudah tau siapa namamu kelak. nama kamu adalah doa dari ayah dan bunda.
Binay Abiyyu Ahnaf. pemberani yang mulia jiwanya dan berpegang teguh pada agama.
bukan hanya doa untuk mu, nak, tapi juga pengingat untuk ayah dan bunda. ayah dan bunda harus terus berani dan berpegang teguh pada agama dalam mendidik, menjaga, dan membesarkan mu, nak.

dunia ini luas.
di ujung dunia ini, ada orang yang sedang menikmati musik we can work it out dari the beatles sambil tertawa kehilangan kesadaran karena terlalu banyak alkohol dalam tubuhnya..
sementara ada yang sedang kedinginan di pinggir jalan saat cuaca sedang hujan di malam hari..

Life is very short, and there’s no time
For fussing and fighting, my friend.
I have always thought that it’s a crime,
So I will ask you once again.

keadaan yang berbeda pasti akan kita rasakan.
tertawa untuk beberapa tahun, kemudian di hari berikutnya kita akan bisa marah dengan emosi yang meluap.
sedih berbulan-bulan, siapa yang tau lusa kita akan kembali beraktifitas dengan tanpa beban?
kita hanya perlu bersabar untuk melewati itu semua.
bukan hanya berdiam diri saja tentunya, tapi juga sambil bertanya dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Karena Dia pengobat segala penyakit hati. Penguat jiwa. Pengangkat beban.

Blackbird singing in the dead of night
Take these broken wings and learn to fly
All your life
You were only waiting for this moment to arise

kita sedang dibungkus oleh rajutan udara.
kita digantung pada pohon dunia,
tak pernah berhenti berputar untuk mencari udara segar
agar rajutan udara itu menjadi kepompong yang kokoh,
kuat dari segala polusi,
aman dari segala pemangsa.
dan waktu akan memberi tau,
kapan kita bisa merobek kepompong kita,
hingga akhirnya kita terbang dengan anggun menuju surga..


next page next page close

bukan untuk orang bodoh

 photo 1365918625087_zpse7d209fd.jpg

agak kasar sih judulnya, tapi gw rasa itu udah tepat.
apa sih yang bukan untuk orang bodoh?
jawaban gw adalah berkendara. mobil atau motor.
gak boleh banget orang bodoh berkendara.

kenapa?
karena kl menurut gw, banyak kecelakaan yang disebabkan oleh kebodohan si pengendara atau pengendara lain.
motor yang nyalip tiba-tiba diantara dua mobil yang berdekatan, motor yang tiba-tiba nyebrang, mobil yang nerobos lampu merah, dsb. kalo mereka yang gw sebut itu bukan bodoh, terus harus gw sebut apa?

maksud gw, setiap orang yang berkendara pasti punya mata, telinga, dan otak, yang sebenernya jadi alat utama buat keselamatan mereka ketika berkendara. tapi sering banget alat itu gak mereka pake.

korbannya udah banyak. gw salah satunya. mau gw sehati-hati apa jg, tetep aja karena ada satu pengendara motor yang sok okeh tiba-tiba nyebrang, disaat pengendara lain yang mau nyebrang nunggu gw dgn sabar supaya gw lewat dl. bukan cuma itu, tapi sering banget gw jd korban kebodohan pengendara mobil/motor. yang harusnya g boleh muter tapi dia muter, belok g pake lampu sen, nerobos lampu merah, berkendara bukan di jalurnya, neybrang gak liat-liat dulu, dll. bodoh, kan?

kalo gw rasa, sistem cara mendapatkan SIM harus diubah. selain tentunya ilangin calo-calo itu, tapi kayaknya tanpa calo sekalipun, pengendara bodoh bakal tetep banyak. kenapa? karena saat mereka tes untuk mendapatkan SIM, mereka cuma disuruh untuk mengendarai motor/mobil pada sebuah area khusus, yang g ada pengendara lain, yang teratur dan terjaga. sementara di jalan raya sesungguhnya? angkot, becak, penyebrang, tukang baso, dll dsb. gak terlalu ngaruh kalo menurut gw untuk tes mengendarai yang seperti itu.
gw pikir akan lebih baik kalo setiap orang yang akan mendapatkan SIM harus ikut tes kayak di Mrs. Puff Boating School. hell yeah. sponge bob rules!
liat sendiri kan si sponge bob udah beratus-ratus kali gagal utk mendapatkan sim. kenapa? karena dia juga ada tes berkendara langsung di jalan raya sama si Mrs Puff! kalo tes berkendara langsung di jalan raya, si penilai/pengetes bakal langsung tau karakter orang yang sedang di tes. gimana reflek dia, buta warna atau engga buat liat lampu merah, belok pake sen atw engga, kupingnya tuli atau engga buat denger klakson dll. so it won’t be that easy to get a driving license!

gak terlalu susah lah untuk bisa lulus dari tes yang kayak gitu (kecuali sponge bob kayaknya). kalo pun susah, seenggaknya jalan raya gak bakal banyak orang bodoh yang g lulus tes dan bisa bikin orang laen celaka!

it’s make sense i think. what do you all guys think?


next page next page close

apakah saya harus peduli?

mereka?
tidak ajaib
tidak rumit
dan tidak sulit
semua hanya sekedar keinginan untuk selalu dipuji dan disenangi.
basa-basi?
sangat.

apakah saya harus peduli?
sementara akan ada pertanggungjawaban diri di akhirat nanti
mengikuti basa-basi hingga mati?
atau mengikuti kata hati dan kadang harus menyusahkan diri sendiri?

ah,
mereka hanya ingin uang.
sementara diri ini ingin berbakti kepada Tuhan, mencintai Rasul dengan sepenuh hati
walau diri masih terseok kesusahan untuk merangkak menuju langit.

jadi siapa peduli?
biarkan mereka makan dengan puasnya semua kata-kata pujian yang mereka terima
bla bla bla, glek.
dan mereka pun kenyang, hingga segendut gajah.

silahkan,
saya tidak peduli.


next page next page close

Allah terus?

Banyak dari kita yg pernah mendengar ‘slogan’ yg kira-kira bunyinya kayak gini:

Allah dulu, Allah lagi, Allah terus

Bwt saya, aplikasi dari slogan ini g gampang..

Sebagai contoh, saat saya punya masalah, maka tak jarang saya ingin utk mengambil hp dan berkeluh kesah di media sosial. Setelah itu, atau bahkan g jarang lama setelahnya, Inget Allah dan berdoa banyak-banyak. Kalo inget Allah sih masih bagus. Parahnya kadang g inget n malah jadi sumpah serapah dan meminta belas kasihan yang keluar.

Yuk, dicoba mulai dari sekarang, dari hal terkecil, dan dari diri sendiri, kita banyak-banyak inget dan melibatkan Allah, supaya apa yg kita lakukan bisa berkah n Allah ridha.

Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.

Posted from WordPress for Android


next page next page close

Well, hi there!

Udah lama g nulis disini. Kangen juga..
G nulis bukan karena sibuk, tp karena lebih menikmati hidup berdua sama istri. Hehe

Setelah sekian lama g nulis disini, udah banyak banget sebenarnya episode hidup yang gw lewatin. Mulai dari belom nikah, sampe sekarang pas banget 4 bulan nikah. Wah, udah 4 bulan nikah y ternyata.. G kerasa.. Mungkin karena saking menikmatinya :D

Sekarang lg iseng-iseng di kantor. Iseng di kantor? Bukannya kerja, malah iseng.. Mungkin di dalem hati siapapun yg baca ini (kalo ada yg baca) akan ada yg nanya gitu. Yaa… Gt deh.. Panjang ceritanya kalo gw ceritain krnapa gw bs sampe ada di tahap ‘iseng di kantor’ ini.

Mungkin tulisan ini akan jd inisiator bwt tulisan tulisan selanjutnya yg akan gw post di blog ini. InsyaAllah bakal ada jadwal rutin setiap harinya bwt gw nulis. Tapi kalo postingannya g srtiap hari nongol, harap maklum yak.. Pemanasan dl lha sebelom gw bs lancar nulis n posting setiap hari..

Di tulisan ini, srlain say hi aja, gw jg sekalian ngetea sih, posting lewat aplikasi Android nya WordPress. Hehe *norakdotkom*

Dah ah, gt ajah.. InsyaAllah besok bakal ada tulisan baru lg. Okeh? Dadah..


next page next page close
next page next page close

topeng yang berbicara

ada saat-saat terlemah untuk seseorang
entah orang itu akan terkapar tak berdaya di tempat tidur, atau menangis sejadi-jadinya di hadapan Allah
maka disaat itu, akan ada banyak doa yang diucapkan dalam hati. tak bersuara, namun Allah pasti akan dengar

…..

topeng keemasan itu memang indah
menutupi muka buruk
menutupi gigi kuning
menghalangi terlihatnya komedo menghitam di hidungmu
orang-orang senang melihat topeng keemasan itu
memandang kagum topeng bercahaya yg dikenakan
hingga mereka melihat wajah yang sesungguhya

……

siapa?
mereka itu keluarga
siapapun yang ada disana
kamu siapa?
entah siapa kamu, tapi kamu tak akan aku anggap keluarga.

……

ah, rajin benar menulis ini semua.
saya percaya Allah ada dan akan berbicara. bagaimanapun caranya.


next page next page close

kecewa sama Merpati Nusantara Airlines

bismillah

anggep aja ini surat terbuka buat Merpati Nusantara Airlines.
jadi ceritanya begini.
tanggal 13 agustus lalu, gw beli tiket merpati untuk tujuan Jakarta (CGK) ke Bandara Soekarno-Hatta. gw beli tiket untuk keberangkatan tanggal 16 september nanti. alhamdulillah, di Merpati lagi ada promo. harga tiket yang tadinya 390ribu, karena lagi ada promo kemerdekaan RI, jadi cuma 170 ribu. setengahnya tuh. seneng deh gw.

seiring waktu berlalu, dan entah sudah berapa kali episode sponge bob yang ingin bergabung dengan klub jellyfish spotter diulang, tadi siang ada telp dari rumah gw. tumben banget tuh. siang-siang pulak. ada apa nih? dalam hati gw bertanya.

dan ternyata itu adalah tlp dari kk gw. dia ngasih tau kalo tadi ada tlp dari merpati yang bilang kalo penerbangan tanggal 16 september nanti, dibatalin. APAA?? DIBATALIN?? JENG JENG!! *kamera zoom in dan zoom out sampe bikin penonton pusing*
damn.. serius nih?
demi untuk mengonfirmasi kabar berita dari kaka gw itu, gwpun tlp ke call center empu-nya Merpati. walopun kk gw ngasih nomer kontak orang merpati dari yg tlp dia tadi, tapi supaya gw g ketipu, gw tlp langsung ke nomer call center-nya merpati. nih nomernya:
call center merpati

tulalilut tulalilut, akhirnya tlp gw diangkat sama mesin penjawab. teken angka satu dan dilanjutkan dengan tiga, gw tersambung dengan operator. cewek. teuing namanya siapa. gak mikirin nama. yg penting gw bisa terbang, atau uang gw bisa balik.

bla bla bla, slamat siang dan sebagainya sebagai pembuka dari si embak burung (merpati nama burung, kan? dan si embak kerja di merpati? jadi kita sebut aja si embak dengan sebutan embak burung ya. iya aja deh), gw lgsg tp the point nanya:

“mbak, saya sudah booking tiket dengan kode booking lalalala (ceritanya sensor). kemudian tadi saya dpt tlp dari seseorang yang mengakudari merpati, katanya penerbangan saya dibatalkan ya?” saya nanya dengan suara adem.

“sebentar ya, pak. kami akan cek dulu” kata si embak burung.

“iya, silahkan” balas saya.

“iya pak, kami menemukan tiket dengan kode booking lalala atas nama tri nugraha sukanto, untuk penerbangan ke bengkulu tanggal 16 september nanti. Dan benar, pak, penerbangan kami batalkan karena ada jadwal pemeliharaan, demi keselamatan penumpang” si embak burung gak kalah adem suaranya. standar CS deh.

“APAA?? BENERAN DIBATALKAN??” JENG JENG!! *kamera zoom in zoom out sampe penonton pusing lagi*

–perhatian. setelah si embak burung mengatakan bahwa penerbangan saya dibatalkan dan sampai seterusnya, adalah rekayasa belaka. saya udah lupa ditailnya gimana, dan biar agak lebay aja gitu ceritanya–

“iya pak, penerbangan dibatalkan. tadi kami juga sudah menerima instruksi dari ibu windi, bahwa dana akan di refund.” – windhy adalah nama kk gw
“jadi dana akan kami kembalikan sepenuhnya, pak” si embak berusaha menghibur diri gw.

“iya sih mbak, dana saya emang harus di kembalikan full. TAPI JANGAN NGEDADAK DONG NGASIH TAUNYA! EMANG MURAH APA BELI TIKET 4 HARI SEBELUM HARI H??”

“iya, bapak. maaf. kami sangat menyesal atas kejadian ini. semoga bapak mendapatkan tiket yang murah. atau mau saya bantu, pak?”

“BANTU APA?? MEMANGNYA KAMU BISA APA, HAH??!”

“ESITU NYANTAI DONG NGOMONGNYA! GAK USAH TERIAK-TERIAK GITU!!”

“LOH, ANDA YANG TERIAK-TERIAK!! SAYA MAH NYANTAI AJA!!”

.
.
.
.

ah, sudah lah, makin ngaco aja gw jadinya.

intinya, mereka ngebatalin penerbangan gw di H-4 keberangkatan. padahal itu tiket udah dipesen dari jauh-jauh hari, dan itu adalah tiket promo mereka. dan dibatalin aja gitu loooh… bayangin deh, kalo misalnya joseph stalin berniat pengen berlibur di garut dari rusia. dia liat-liat maskapai penerbangan mana nih yang murah. eh, dapet lah dia maskapai penerbangan perkutut airlines. di maskapai itu, stalin dapet tiket dengan harga 10ribu rupiah, dari yang seharusnya 100ribu. keberangkatan dia masih sebulan lagi, dan dia pengen berlibur sama istri tercintanya. pengen ngliat adu domba ceunah. eeeh… tiba-tiba si perkutut airlines ngasi tau kalo penerbangan dia dibatalkan. stress lah stalin. terancam gagal liburannya. dia cari-cari tiket laen, demi untuk menyukseskan liburan dan nonton adu domba garut. di maskapai kakaktua airlines, ternyata ada penerbangan ke garut. tapi si stalin langsung murka setelah ngeliat harganya yang sampe 7 kali lipat dari harga tiket perkutut airlines. stalin murka. harga tiket kemahalan. liburan ke garut gagal. gak jadi nonton adu domba garrut. dia datengin kantornya perkutut airlines sama pasukannya. dia culik semua karyawannya, dan dia suruh karyawannya untuk kerja paksa di stalingard. dia pecut-in satu satu karyawan perkutut airlines. dia ketawa puas karena bisa nyiksa karyawan perkutut airlines. muahahahaha………….

tuh kan, makin ngaco.

iya, jadi setelah gw tw penerbangan gw dibatalin. gw berusaha untuk mendapatkan uang gw kembali. mereka minta gw kirim email ke mereka yang isinya scan KTP gw, scan kartu atm yg dipake bwt bayar tiket, nomer rekening utk transfer dana refund, dan print out saat gw bayar tiket di ATM. alhamdulillah banget gw masih nyimpet tanda buktinya. biasanya kl tanda bukti di atm udah gw buang tuh. peringatan buat yang laen juga, yg mesen tiket via online dan bayarnya via atm, simpen ye tanda bukti transfernya. bisi knapa-knapa n mereka minta tanda bukti bayarnya.

puyeng lah gw. gimana ceritanya gw balik ke jakarta tanggal 16 itu? mana hari senennya kudu kerja n gw blom dapet cuti, pulak. gw search di utiket, alhamdulillah ada sih. tapi harganya 700rebu lebih dooonk…. rugi, maaaak….. tapi dari pada gw gak bisa pulang, ya terpaksa deh gw beli jg. huhu

hikmahnya?
jangan macam-macam dengan stalin.
eh,
hikmahnya, yaa…. kun faya kun. kalo Allah udah berkehendak, ya terjadilah. rencana n kemauan manusia mah gak ada apa-apanya. dengan izin Allah baru keinginan dan rencana kita bisa terwujud. kalo enggak, yaa…. ikhlasin ajah.

*brb*
*ngecek dompet*
*liat sisa uang*


next page next page close

kamu, manusia

hey, kamu manusia..
kamu merasa hebat dan bisa melakukan semuanya sendiri?
kamu merasa telah berbuat banyak sehingga menginginkan banyak balasan dari manusia lain?
kamu merasa telah mengetahui segalanya, sehingga menganggap remeh orang lain?

ingatkah kau siapa yang membuat kamu seperti sekarang ini?
orang-orang di sekitarmu yang banyak berperan
temanmu yang menemanimu ketika kau sedang banyak belajar
rekanmu yang selalu menemanimu kemana-mana
saudaramu yang membantumu dengan cara memberimu kepercayaan

sadarkah kamu, siapa kamu ketika kamu sendiri?
siapakah kamu, ketika tidak ada lagi orang-orang disekitarmu?
seberapa kuat kamu bertahan ketika kamu benar-benar sendiri?
bisa apa kamu ketika tidak ada lagi saudara-saudaramu disekitarmu?

bukan manusia ketika kau merasa bisa melakukan semuanya sendiri
bahkan penjahat pun butuh teman dan rekan untuk melakukan perbuatan dosa
lalu apa kamu ketika kau merasa bisa melakukan semuanya sendiri?


next page next page close

pasangan pinky and the brain

bismillah..

mari kita mulai dengan the pinky and the brain.

tthe pinky and the brain

pada tau kan film kartun the pinky and the brain? kalo lo adalah seseorang yang sempet berpakaian SMP di tahun 90-an, pasti pernah denger kartun ini.

ini adalah film kartun yang menceritakan dua ekor tikus lab putih, pinky dan brain, yang mencoba untuk menguasai dunia. tikus? menguasai dunia? bisa dong. apa lagi si brain itu pinter banget. rencana-rencananya ciamik semua untuk menguasai dunia. ditambah obsesi dia yang teramat sangat besar, dia yakin kalo suatu saat dia akan bisa menguasai dunia. lagipula inikan cuma film kartun. jadi apa aja pasti mungkin deh.

sayangnya, partner satu kandangnya sekaligus partner untuk menguasai dunia, si pinky, adalah tikus yang polos+belom pinter dan bodoh deh. sangat bertolak belakang sama si brain yang pinter. gw gak tau kenapa si brain setia banget sama si pinky dan tetep menjadikan pinky sebagai partner in crime-nya untuk menguasai dunia.

sambungin ke yang laen ah.. the pinky and the brain itu secara random muncul karena tweet temen gw @andranita yg memancing gw untuk mengenang masa-masa SMP gw saat nonton acara kartun ini. hehehe

sebenernya gw mw ngomongin tentang memilih pasangan hidup.

cieeeh… uga ngomongin pasangan hiduuup….

heh!
udah deh, gak usah ngeledek. mau serius nih.

beberapa hari yang lalu, ada seorang temen SMA gw yang nanya ke gw: “apa sih yang diliat seorang cowok dari seorang cewek untuk dijadikan pasangan hidupnya? apa boobs-nya? kalo iya, gw rela deh buat implant.”

nganga lah gw ngedenger dia ngomong gitu.

terus gw bilang gini: “gak lah! semua itu gak semua tentang fisik!”

dan dia langsung menimpali: “ah, ayolah, kalian kan mahluk visual…”

daaan…berlanjutlah pembicaraan kita tentang memilih pasangan hidup. seperti apa, yang kayak gimana, dan segala hal lainnya.

okey, itu satu cerita. dan cerita temen gw itu jd biking gw mengawang-awang berpikir: emang secara general, kriteria apa sih yang harus diliat untuk memilih seorang pasangan hidup?

berbipikir begini lah gw:
manusia itu gak akan ada yang sama antara satu dengan lainnya. si kembar vina dan vani pun pasti beda, walo katanya mereka itu adalah seharusnya pinang yang dibelah dua dan udah pake citra. bedanya itu juga bukan cuma dari fisik aja, tapi juga dari pemikiran. si cecep dengan rambut berdiri ala po dari teletubies, pasti akan berbeda pemikirannya dari anak tetangga. yang tetanggaan aja beda, gimana yang beda pulau? beda negara?

tiap manusia itu unik. itu pasti.

terus, yang namanya manusia itu pasti punya yang namanya kelebihan dan kekurangan. ada stephen hawking, manusia terpintar di bumi yang masih hidup sampe sekarang, tapi dia hidup di atas kursi roda, lengkap dengan peralatan penunjang hidupnya. ada juga kuli bangunan yang kuat fisiknya+bisa mondarmandir kesana kemari pake kakinya, tapi kadang untuk makan buat energi hidup aja dia susah.

manusia itu gak ada yang full sempurna. gak ada juga yang full gak sempurna.

ohya, selain unik secara pemikiran, manusia juga unik secara perasaan. manusia rasa punya hati. jangan samakan dengan pisau belati. eh, jadi nyanyi.
iya, manusia punya hati. bukan hati organ tubuh. tapi ‘hati’. hati itu… dulu pas gw masih kecil, dan sampe sekarang jg sih, menganggap hati itu adalah sesuatu yang bisa kita ajak bicara. privately. gak akan ada orang laen yang tau. karena pembicaraan itu ya cuma terjadi di ‘hati’ lo. atau gw jg pernah menganggap ‘hati’ adalah nyawa. ‘hati’ gak ada, maka kita cuma tubuh yang gak bisa ngapa-ngapain, karena gak ada yang merintah. gak ada keinginan. gak ada hidup. ‘hati’ itu sepenuhnya hak kita. kita yang memelihara dan menumbuhkembangkan. terserah kita mau dijadiin kayak gimana ‘hati’ ini. tubuh adalah penampilan fisik dari ‘hati’. karena apa yang diinginkan dari ‘hati’, pasti akan dikerjakan oleh tubuh secara fisik. karena itu, ‘hati’ harus dijaga dengan hati-hati. gw yakin ‘hati’ akan mengambil peran terbesar dalam akhir kehidupan kita nanti, surga atau neraka. iya, pikiran yang dilakukan oleh otak-pun gw anggap dikendalikan oleh ‘hati’.

setiap manusia punya ‘hati’.

jadi, gw berkesimpulan begini:
pasangan sehidup semati itu berarti…
‘hati’nya udah kayak bisa ngomong dengan ‘hati’ pasangannya. pembicaraan ini terwujudkan dari cara berpikir masing-masing yang udah nyambung. meski kadang gak selalu sama, tapi saling mendukung akan pemikiran pasangannya. pemikiran ini akan membuat tubuh bergerak, menciptakan kekurangan dan kelebihan yang sudah bisa diterima oleh pasangan lo. kelebihan akan membuat satu sama lain lebih berdaya. kekurangn yang dimiliki, pasangan lo akan menutupi kekurangan lo, begitu juga sebaliknya.

ribet juga ya.
iya nih.

yawda, simpelnya dan umumnya, untuk mencari pasangan hidup lo, tanya aja ‘hati’ lo. is he/she is the one? trus, kalo lo udah nanya ‘hati’ lo dan kira-kira jawabannya: “ini nih yang yoih!”, etapi ternyata gak jodoh sama si doi, ya…. keep looking the other one. hehe. beruntung lo bro, kalo ternyata ‘hati’ lo udah bilang iya, tapi ternyata gak jodoh. kenapa beruntung? ya itu berarti dia bukan yang terbaik buat lo. itu juga berarti, ADA YANG LEBIH BAIK BUAT LO UNTUK JADI JODOH SEHIDUP SEMATI LO. eh, sori caps lock kepencet.

yang jelas, jangan sampe nyesel kalo udah milih. tuh liat si brain yang gak nyesel milih si pinky, walo rencana untuk menguasai dunia hampir selalu tergagalkan sama si pinky. mereka tetep mencoba dan akur. so sweet, yah? :’)


next page next page close

move oooonnn…..

bisakah??
bisakah gw melupakan dia???

susaaah!
walau dia udah jauh skarang, tapi gw susah buat ngelupain diaaa….!!
wajahn polosnya selalu kebayang-bayaang….
kemanjaannya kadang bikin gw g sabar, tapi selaluuuu gw turutin…
demi diaaa….
demi bisa selalu buat dia seneeeng…
tawa cerianya saat gw baru pulang kerja selalu bikin gw fresh walo udah kerja seharian, n gw g akan bisa lupain ituuu…..

daaniiiissh…..
jd anak yg saleh yaaa…..
jagain ayah n bundamuuu….
jadi bermanfaat buat agama n negara muuu
nnti sering2 maen ke durjay yaaa….atw uncle uga deh yg ke sanaa….
wait for meee……

d0c7ec1c

#lebaysih #biarinlahya


next page next page close

let’s just talk.

bismillah..

malem minggu, ditemenin radio dan laptop (serta koneksi internet tentunya). yaa… seperti kebanyakan orang2 yg masih single lainnya, kebanyakan akan maen sama temennya, atau kalo lagi males ngapa2in, ya di rumah aja, ngenet, atau nonton tv.

gw?
denger radio, sambil nulis. mencoba sedikit produktif, sambil mau coba sedikit berbagi.

berbagi tentang gimana rasanya kalo lo diomongin oleh orang lain di sekitarlo, tapi lo gak tau.
kayaknya gw tau gimana rasanya.

sakit lha ya pastinya. apa lagi yang diomongin adalah kejelekan-kejelekan lo, ditambah bumbu fitnah yang macem-macem dan gak jelas dari mana asal-usulnya. ya, gw pernah diomongin yang nggak-nggak. ditambah bumbu fitnah pulak. berita gak bener tentang gw pun menyebar.

dari mana gw tau kalo gw diomongin? yaa…. itu lah cara Allah yang ajaib bin gak terduga-duga. sama ajaibnya saat lo yang dulunya kuliah di jurusan (atau fakultas ya?) radiologi, tapi kemudian lo malah asik di dapur bikin kue, buka toko kue, dan tentunya kue-kue itu gak perlu di ronsen segala demi untuk lo menghargai ilmu radiologi yang udah lo pelajarin. lo gak tau masa depan lo kayak gimana, lo cuma jalanin hidup lo semampu yang lo bisa, dan selanjutnya Allah akan menunjukkan jalannya. ya, seajaib itu lah Allah menunjukkan ke gw kalo ada orang yang ngomong yg enggak-enggak tentang gw. dan nasib orang itu sekarang? udah gw maafin. cuma males aja berinteraksi sama orang itu. hehe

tapi sebelom gw maafin tu orang? wah, sori sori sori jek. gw harus marah besar ke orang itu. nyebarin fitnah gt loh. ngomong yg aneh2 pulak tentang gw. sakit, men.

kemudian, mari bertanya ke diri sendiri, gimana rasanya kalo kita diomongin oleh orang lain tentang kejelekan kita, menduga-duga yang aneh-aneh tanpa mengklarifikasi ke kita, atau bahkan, sampe menyebarkan fitnah tentang diri kita. mungkin orang yang ngomongin kita nyangka kita gak akan tau, karena kita jarang berinteraksi dengan orang yang ngomongin kita. tapi seperti yang gw bilang tadi, akan ada saatnya Allah menunjukkan ke kita. tada! tiba-tiba kita tau. orang yang ngomongin kita ternganga kaget. gak nyangka kalo kita bisa tau. masih mending kalo yang kita omongin itu orangnya sabar nan baik dan pemaaf. mungkin cuma perlu maap-maapan plus sedikit adegan menangis dari si orang yang gosipin kita sambil minta maap. nah kalo yang digosipin itu hitler, terus yang ngegosip itu ratu inggris, bisa perang dunia tuh. iya, lebay dikit. gapapa lah.

gw cuma mau bilang, saat kita ngegosipin orang itu emang kerasa enak. ngebahas kejelekan orang lain dari pada kejelekan kita. mengolok si anu dan kita aman dari olokan. malah teman-teman kita semakin mengolok si anu. makin aman lah kita dari olokan orang lain. tapi pikirin apa yang akan terjadi kalo suatu saat nih, si anu tau kalo dia kita omongin. dia tau kalo kita nyebarin kabar berita yang aneh2 tentang dia. apa yang akan terjadi antara kita? apa yang dia pikirkan ke kita? apa yang akan dia lakukan setelah dia tau kalo dia digosipin sama kita? akan terjadi perang dunia kah? atau apa?

ada satu kalimat keren yang gw dapet dari 9gag :

great minds talk ideas

nah, kalo kita ngomongin orang, sekecil itu kah pikiran yang kita punya?

“Tahukah kalian apa itu ghibah?”

Mereka (para sahabat) menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.”

Kemudian beliau shallahu’alaihi wasallam bersabda, “Engkau menyebut-nyebut saudaramu tentang sesuatu yang ia benci.”

Kemudian ada yang bertanya, “Bagaimana menurutmu jika sesuatu yang aku sebutkan tersebut nyata-nyata apa pada saudaraku?”

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Jika memang apa yang engkau ceritakan tersebut ada pada dirinya itulah yang namanya ghibah, namun jika tidak berarti engkau telah berdusta atas namanya.” (HR Muslim 4690)


next page next page close

sedekah #LifeAsIKnow

Bismillah…

mencoba untuk berbagi tentang topik sedekah..
mungkin saya tak pantas untuk membeicarakan tentang sedekah dari sisi ilmu agama. Ilmu saya belum cukup banyak. Jadi izinkan saya untuk berbagi tentang sedekah dari sisi pengalaman pribadi saya :)

Sedikit yang saya tau tentang sedekah dari sisi agama Islam. Saya hanya tau bahwa Allah akan membalas setiap sedekah yang kita keluarkan. Harta yang kita sedekahkan tidak akan habis, justru akan bertambah. Sedekah adalah salah satu ‘transaksi jual beli’ dengan Allah yang pasti akan menguntungkan kita. Sedekah juga bisa menghambat bencana. Sedekah justru akan bisa membuka pintu rizki kita. Satu lagi, selalu terdapat hak bagi orang lain dari setiap harta yang dititipkan kepada kita. Itu yang saya tau dan saya yakini.

Iman berarti meyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan, dilakukan dengan perbuatan. Saya beragama Islam. Tentu saya mengimani semua yang Allah ucapkan dalam Al Qur’an dan semua hadits Rasul SAW. Keimanan ini ada tingkatan-tingkatannya setau saya. Kita juga tidak dipaksakan untuk beribadah ‘seintens’ Rasul SAW. Beribadahlah semampu kita. Termasuk mengenai sedekah.

Saya kerja belum sampai satu tahun. Masuk Februari 2012 lalu. Dengan pemasukan yang sudah diperkirakan berapa setiap bulannya, saya mempunyai cita-cita dari sejak sebelum lulus kuliah: Rutinkan sedekah, berapapun penghasilan yang diterima, dan itu besarnya adalah minimal 20% dari pemasukan yang saya terima. Maka dari sejak gaji pertama yang saya terima, eh, gaji kedua sih (Karena gaji pertama masih setengah :D), saya mulai merutinkan untuk bersedekah. Alhamdulillah sampai sekarang masih terlaksana.

Implikasinya?
Saya yakin Allah pasti akan membalas berupa apapun bentuknya. Salah satu yang amat saya rasakan adalah ketenangan hati. Lowong aja rasanya hati ini. Serasa gak ada beban kalo-kalo harta yang saya konsumsi adalah hak orang lain. Balasan lainnya adalah, dan saya baru menyadarinya beberapa bulan yg lalu, alhamdulillah saya tidak diterima bekerja di FFI. Loh? kenapa gak diterima kerja di FFI malah alhamdulillah dan merasa itu adalah ‘balasan’ dari sedekah? Iya, saya harus mensyukurinya dan meyakini bahwa dengan gak diterimanya saya di FFI merupakan ‘balasan’ dari Allah atas sedekah saya. FFI itu lokasi pabriknya di Pasar Rebo. Jauh deh dari bekasi. Saya sudah membayangkan kalo bekerja disana, saya harus bolak-balik naik bis atau motor. Bis itu berarti macet dan ngongkos. Motor itu berarti ngeluarin bensin yang gak sedikit dan macet. Atau kalo gak bolak-balik, saya harus ngekos di daerah sekitar itu. bisa-bisa 300-400ribu sebulan. Belom termasuk uang makan. Waktu itu gaji awalnya adalah 2,7 jutaan. Kalo diitung-itung, setelah dikurangin uang ongkos dan atau biaya hidup kalo ngekos, pendapatan bersih saya mungkin sekitar 1 jutaan. Well, itu sebenernya cukup. But you know what? Di tempat kerja yang sekarang justru saya bisa dapet lebih dari itu. Lokasi kerja yang cuma berjarak 15 menit dari rumah pake motor. Ongkos cuma uang pertamax 20ribu untuk seminggu. Tempat tinggal di rumah sendiri. Gaji? Alham dulillah lebih besar dari pada yang di FFI. Bisa nabung lebih banyak. Bisa sedekah lebih banyak juga. Alhamdulillah….

Kemudian yang lebih menarik lagi yang berhubungan dengan sedekah, selain balasan yang tidak disadari seperti yang saya sebutkan di atas, juga ada balasan ‘tunai’nya. Di surat Al Baqarah ayat 261 Allah berfirman:

2:261

yang artinya:


Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Yup, orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, insyaAllah pasti akan dibalas dengan berlipat ganda bagi siapa yang dikehendaki Allah. Besarnya berapa, itu rahasia Allah. Mungkin di dunia qt misalnya dibalas dengan 2x dari jumlah harta yang kita sedekahkan. Tapi di akhirat, siapa yang tau kan Allah membalasnya berapa kali? InsyaAllah bisa sampe 700 kali lipat sesuai dengan ayat di atas.

Balik lagi ke balasan ‘tunai’, saya sendiri alhamdulillah pernah mengalaminya sendiri. Ada suatu hajat yang ingin saya lakukan dan itu butuh dana yang tidak sedikit. Saya sudah menabung, dan saya sudah bekerja untuk menjemput rizki Allah. Setelah dihitung-hitung, jumlah uang yang saya hitung masih kurang untuk melakukan hajat yang saya rencanakan. Kemudia saya yakin akan ayat Allah yang sudah saya sebutkan, bahwa harta yang dinafkahkan di jalan Allah akan dibalas berlipat. Saya yakini dalam hati ayat itu dalam-dalam. Saya yakin sedekah saya akan dibalas berlipat oleh Allah. InsyaAllah sedekah saya akan membukakan pintu rizki saya yang lain, agar saya dapat memenuhi kebutuhan dana untuk hajat dan niat baik saya. Bersedekah lebih lah saya. Di sore hari saya menyedekahkan sejumlah uang ke beberapa lembaga sambil meyakini akan dibalas oleh Allah. Sedikit terlintas keraguan dalam pikiran saya: “Mau dapet uang dari mana lagi ya? Kan gaji segitu-segitu aja..” Tapi saya singkirkan keraguan itu. Terlebih saat itu adalah bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Dengan basmalah sambil memantapkan hati, saya langsung sedekahkan sejumlah uang yang saya punya.

Segala puji hanya milik Allah. Beberapa hari kemudian rizki yang tak terduga datang. Gak tanggung-tanggung, Allah membalas kurang lebih 10x dari jumlah uang yang saya sedekahkan beberapa hari sebelumnya. Maha Kaya Allah… Allah benar-benar akan memberi rizkinya dari arah yang gak akan kita duga sebelumnya. Allah akan menepati janji-Nya, dalam hal ini untuk membalas harta hamba-Nya yang dinafkahkan di jalan-Nya. Bahkan bukan hanya sekali itu saja. Masih dengan niat untuk memenuhi hajat dan niat baik saya, saya terus menyedekahkan uang yang saya miliki. Kali ini udah gak pake aturan 20% lagi. Saya sedekahkan uang yang saya punya sebanyak yang saya bisa, setelah dikurangi biaya saya + orang tua untuk hidup. THR? Semua saya sedekahkan. Karena saya anggap itu adalah rizki yang berlebih, dan tanpa itu saya dan orang tua saya masih bisa hidup. Alhamdulillah, rizki dan kemudahan Allah berikan secara bertubi-tubi dari arah dan cara yang sama sekali tidak saya duga-duga.

Allah menyuruh kita untuk beribadah dengan berbagai cara. Dengan harta kitapun kita bisa beribadah. Saya, selain beribadah wajib sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah, saya berniat untuk meningkatkan kualitas diri dengan menambah cara beribadah lagi, yaitu dengan harta yang dititipkan kepada saya. Meski masih seadanya, insyaAllah akan bermanfaat bagi saya sendiri, bagi orang lain, dan akan tetap bernilai ibadah. Dan yang namanya ibadah pasti akan ada cobaannya. Keengganan untuk mengeluarkan harta untuk disedekahkan, niat yang salah, atau menyedekahkan ke orang yang salah. Oleh karena itu, sedekahpun butuh ilmu dan persiapan. Eh, tapi ilmu saya tentang sedekah jg gak banyak sih. hehe. ‘Modal’ ilmu saya cuma: Allah akan membalas sedekah saya dan terdapat hak orang lain dalam harta yang dititipkan ke saya.

Selain itu, supaya efek sedekah bisa maksimal, tentu sebaiknya ditambah dengan ibadah lainnya. Shalat dhuha yang rutin, shalawat yang rutin, dan berdzikir yang rutin juga, itu yang saya lakukan supaya sedekah saya bisa maksimal. Sedekah saya pun saya lakukan ke lembaga-lembaga yang memang sudah dipercaya untuk mengelola sedekah. Seperti misalnya PPPA milik Yusuf Mansyur atau Rumah Yatim juga yayasan Sabilul Huda supaya bisa lebih tepat sasaran. Ketimbang ke pengemis di lampu merah atau pinggir jalan, saya rasa lebih baik sedekah kita disalurkan ke lembaga-lembaga seperti ini. Ya meskipun gak salah juga sih kalo mau ngasih ke pengemis. InsyaAllah pahalanya akan tetep ada. Tapi sebaiknya kita liat lagi kebermanfaatan sedekah yang kita berikan itu. Kalo sedekah ke lembaga, kita bisa liat perkembangannya dan ada laporan keuangannya. Tapi kalo sedekah ke pengemis, gak jarang kita liat pengemis yang sama di satu tempat, padahal dia sudah mengemis berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tapi kondisi si pengemis sama aja, gitu-gitu aja. Membuat kita bertanya-tanya dong, kemana uang yang mereka terima itu?

Kesimpulannya, janji Allah itu benar, sedekah itu mengayakan, dan jangan khawatir uang yang disedekahkan akan habis. Ditambah segudang manfaat lain dari sedekah, mari kita sedekah!


next page next page close

sumber rizki

sekarang banyak yang ngompor2in untuk menjadi seorang wirausahawan. banyak training untuk menjadi seorang wirausahawan. banyak acara yang membahas tentang wirausaha. banyak akun twitter yang memotivasi seseorang untuk menjadi seorang wirausahawan.

well, emang, dari berdagang, 9 dari 10 pintu rizki akan terbuka. lebih besar kemungkinannya untuk bisa bersilaturahim dengan lebih banyak orang. lebih gampang untuk mengatur waktu kerja untuk diri sendiri. tapi bukan berarti menjadi wirausahawan itu semuanya mudah, indah, dan menyenangkan lho ya. pasti akan ada susahnya. pasti akan ada saat-saat sulit yang harus dihadapi oleh seorang wirausahawan.

ada yang bilang menjadi wirausahawan itu enak, karena bisa mengatur waktu kerja kita sendiri. emang. tapi gak semudah yang terdengar. menjadi seorang wirausahawan justru waktu kerjanya bisa jadi ekstra. bisa sampe malem, bahkan begadang. gak ada uang lembur. gak ada yang bayar lebih. gw udah ngalamin sendiri hal itu saat buka warnet. ada saatnya gw harus begadang sampe beberapa hari buat bangun/benerin network. ada saatnya harus melakukan maintenance komputer, dan sebagainya. emang, waktu libur jadi lebih fleksibel sesuai dengan yang kita mau. tapi itu juga berarti bisa jadi kita jadi gak liburan sama sekali, demi untuk menjaga supaya usaha kita tetap berjalan.

bedanya sama karyawan? gak jauh beda qok. bedanya adalah karyawan kerja dengan jadwal yang teratur. kerja dari senin sampe jumat, dengan jam kerja yang tetap juga, misal dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore. lebih dari itu? dikasih uang lembur. waktu libur juga pasti ada. sabtu dan minggu plus cuti sebagai tambahan. gak jauh beda, kan?

terus ada yang bilang juga, jadi wirausahawan itu gak perlu kena macet. karena kerja di rumah, atau konsumen/klien yang menghampiri kita. ya.. kalo emg kerjanya di depan komputer aja sih emang iya g akan kena macet. siapapun pasti akan begitu. tapi untuk pedagang yang harus membeli barang dagangannya di tempat lain, apa iya gak kena macet? menurut gw sih bakal kena macet juga. misalnya pedagang baju. untuk milih2 baju yang akan dijual kembali, pasti si pedagang baju harus beli sendiri dong ke distributornya. apa lagi yang namanya baju, harus sesuai dengan selera si penjual, sebagai ‘identitas’ dari tokonya. mau baju gaya retro kah? gaya jalanan kah? atau gaya apa? mau gak mau si penjual baju yang harus beli sendiri ke distributornya. cape juga harus jalan ke toko distributornya. kena macet juga. kecuali kalo belinya ke tetangga sendiri. enak. deket.

nah, begitu juga dengan karyawan. banyak yang bilang jadi karyawan itu tua di jalan. stres di jalan karena macet-macetan. lebih banyak waktu di jalan daripada di rumah. ohya? gak semua lho kayak gitu. gw nggak. dan banyak karyawan juga pasti g kayak gini. gw dari rumah ke kantor, alhamdulillah cuma butuh waktu 15 menit dengan motor dan jalannya nyantai. sekitar 40 km/jam deh. kalo lagi macet2nya paling cuma 20 menit. kalo ada yang kena macet di jalan, sama aja kan, pengusaha juga ada yang kena macet di jalan.

then.. ada yang bilang jadi wirausahawan itu gajinya tak terbatas. bisa berkembang terus, meski bisa turun juga. tapi prospeknya cerah deh. selain itu lo bisa jg menggaji orang. enak lah poqoknya.

yup, setuju. gaji yang unlimited itu emang bisa terjadi. tapi setelah beberapa lama waktunya seseorang buka usaha. gak akan bisa baru buka, langsung pemasukan lo unlimited n lo bisa foya foya hore. sebagai pemula di bidang wirausaha, lo akan merasakan, gaji lo adalah tabungan lo sendiri. dalam artian, ya g ada gaji. pemasukan lo cuma akan kepake untuk oprasional. atau pemasukan lo akan dipake untuk dijadikan modal lagi. begitu terus selama beberapa waktu. bisa bulanan, atau bahkan mungkin tahunan. itu juga kalo lo nya gak stress duluan. kalo stress karena pemasukan segitu-segitu aja atw tabungan lo udah abis, ya bisa jadi usaha lo bubar jalan. karena itu ligwina hananto bilang, kalo lo awalnya adalah karyawan dan pengen beralih jadi wirausahawan, maka lo harus punya tabungan untuk 3 bulan biaya lo hidup. itu juga minimal. bagusnya 6 bulan. kalo yang awalnya gak punya modal? yaaa… siap2 untuk sering makan di warteg/mi instan selama beberapa waktu :)

bagaimana dengan karyawan?
karyawan bisa dibilang gajinya relatif stabil. pasti dapet tiap bulannya. jumlahnya udah bisa ditentukan. dengan begini qt jadi bisa memperkirakan berapa yang bisa ditabung tiap bulannya. kita juga bisa memperkirakan berapa yang bisa kita sisihkan ketika kita akan membeli sesuatu. rumah misalnya. atau mobil. bisakah gaji karyawan berkembang? jelas bisa. sama seperti seorang wirausahawan, seorang karyawan pun harus kreatif dan kerja keras untuk bisa mendapatkan pemasukan yang unlimited. harus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas diri supaya bisa naik pangkat. atau kalo untuk yang wirausahawan, meningkatkan kualitas diri dalam bidang ilmu marketing misalnya. kreatif juga perlu untuk karyawan. bagaimana caranya dia bisa mengambil tiap kesempatan untuk mengembangkan diri dan membuktikan kualitas dirinya ke atasan. menunjukkan kalo dia patut untuk mendapatkan lebih dari yang didapatkan sekarang. kalo udah mentok dan gak bisa naek pangkat lagi? ya pindah aja. kalo lo emang pantas dan berkualitas, pasti akan banyak yang nyari/nerima lo qok untuk berkerja di perusahaan mereka dengan gaji yang sepadan. karyawan juga bisa berkembang, toh?

gw cuma mau bilang di tulisan ini, kalo lo udah punya sumber rizki, apapun itu, syukuri dan lakukan yang terbaik. yang penting halal, dan usahain rizki yang udah dititipin ke lo bs jadi berkah dan bermanfaat bagi sebanyak-banyak umat. gw gak tau pernyataan gw ini bener atau ngga: menjadi pengusaha/wirausahawan/pedagang/entepreneur atau apapun namanya, itu gak lebih baik jadi karyawan kantoran. yang penting halal, nikmati, dan berkah. yang udah jadi pengusaha gak usah berpikir status lo lebih baik dari karyawan. yang karyawan juga gak usah sombong karena lo udah nyaman dengan gaji dan penghasilan lo.

that’s it.
smoga bermanfaat.


next page next page close

Untuk keluarga ini

Untuk keluarga yang saya cintai..
kalian adalah orang-orang yang akan saya cintai dan saya dambakan untuk bisa berkumpul kembali di surga.
maka izinkan saya untuk menunjukkan rasa cinta saya.. wujud cinta yang mungkin tak biasa dilihat di keluarga ini.. wujud cinta yang bukan sekedar kata dan kerja, tapi juga doa dan iman yang menyeluruh dan utuh. untuk Allah untuk semua anggota keluarga ini..

kutau bukan sesuatu yang biasa terlihat disini untuk memberikan 20% atau lebih uang yang dimiliki untuk diberikan ke lembaga yang dapat membuat anak yatim bahagia..
terlihat aneh jika aku tidak menyalami semua saudara perempuan, walau mereka disebut saudara *tapi mereka tetap bukan muhrim ku..
akan menjadi sesuatu yang aneh juga ketika kalian mengetahui aku tak terlalu suka membeli baju baru, demi bisa menghemat uangku agar ku bisa memberi yang terbaik bagi keluargaku kelak..
ku diacuhkan ketika saranku untuk mempertimbangkan lagi semua nafsu keduniawian itu..
ku dicemooh untuk pilihan tidak mengambil dunia dan lebih memilih akhirat..
bahkan keputusan ku dipertanyakan ketika ada seseorang yang berpakaian menutup aurat dengan baik ku undang ke rumah..

Rabbi..
betapa kucinta keluarga ini..
rasa cinta dari-Mu inilah yang membuatku tetap kuat.. membuatku tetap yakin bahwa kami semua kelak akan dapat berkumpul di surga-Mu kelak.. dengan izin-Mu lah aku akan bersama seseorang yang akan berjuang bersamaku di dalam keluarga ini.. dengan seizin-Mu ya Rabbi.. izinkanlah kami.. aamiin.


next page next page close

Ramadhan ini..

bismillah..

malam ini, malam tarawih terakhir dan sahur nanti juga sahur terakhir di bulan Ramadhan tahun ini. Saya selalu bertekad untuk menjadikan bulan Ramadhan tahun sekarang lebih baik dari tahun-tahun kemarin. begitu juga untuk tahun ini. Memang tak selalu berhasil menurut indikator saya.

Kalau melihat satu tahun kebelakang, Ramadhan tahun 2011 kemarin, mungkin bisa dibilang adalah Ramadhan yang gak banget untuk saya. Banyak amalan yang terlewatkan. Merasa sangat gak optimal untuk beribadah ketika tahun itu. Karena itu, untuk tahun ini, sejak sebelum Ramadhan, saya bertekan untuk menjadikan Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan yang lebih baik dari tahun kemarin.

Target-target telah saya tetapkan. Apa yang harus saya lakukan, jumlah, dan kapan. Rinci, dan jelas. Sekarang, menjelang berakhirnya Ramadhan tahun ini, segala puji bagi Allah, target-target saya sudah 90% tercapai. Belum sempurna 100%, tapi alhamdulillah jelas lebih baik dari tahun kemarin.

Lebih spesial lagi, Allah memberikan begitu banyak kasih sayang-Nya di bulan ini. Allah mendengar setiap doa saya. Allah membalas semua kebaikan dengan berlipat. Allah memberikan yang terbaik. Segala puji hanya bagi-Nya. Memenuhi target itu memang satu hal. Tapi yang lebih penting lagi menurut saya adalah kekonsistenan dalam melakukan kebaikan. Kebaikan yang dilakukan terus menerus. Kebaikan yang tanpa henti walau diuji dan kadang ingin berhenti.

Inilah risiko. Risiko dari terus melakukan kebaikan dan ibadah kepada Allah. Risiko dari mengimani setiap firman Allah. Risiko dari melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah tanpa ragu dan sepenuh hati. Maka kita akan mendapat balasan yang berlipat dari-Nya. Maka kasih sayang-Nya tidak akan henti kita rasakan dan lebih kita hayati. Maka keberkahan akan dapat kita rasakan hingga air mata berjatuhan… Rabbi… Memang keimanan kepada-Mu tidak akan dapat tergantikan oleh apapun…

Izinkanlah hamba untuk selalu menguatkan cinta hamba kepada-Mu.. cinta yang semurni-murninya.. cinta yang tanpa henti hingga nafas terhenti… aamiin…


next page next page close

iya

kamu tau seberapa banyak yang akan kamu tolong dengan mengucapkan kata ‘iya’?
kamu tau seberapa hebat efek 3 huruf yang akan kau keluarkan dari dalam mulut mu itu?
semua akan melihat. semua akan merasakan. semua akan mendoakan. begitu kamu mengucapkan ‘iya’.
bukan satu. puluhan, atau ratusan. bisa ribuan yang akan menjadi saksi. begitu kamu mengucapkan ‘iya’.

kutunggu kata itu terucap darimu..


next page next page close

menjadi jahat

menjadi jahat itu satu pilihan.
bahkan bukan cuma pilihan, tapi sifat jahat itu akan selalu ada. tinggal kita yang ‘meminta’ kapan sifat jahat itu untuk bangun dan mendominasi.

bahkan saya pun bisa menjadi jahat.


next page next page close

Kebebasan berpikir

Kebebasan untuk berpikir, yang bahkan mungkin juga sulit untuk dilakukan. 
Otakmu telah dicegah untuk memikirkan sesuatu. Hanya boleh untuk berpikir apa yang diperbolehkan.
Kalo kata orang berpikir positif aja, maka yang selanjutnya terjadi adalah kenyataan yang lagi2 membalikkan apa yang baru saja kau pikirkan_dengan positif.
Kau akan dibuat lelah. Kau akan dibuat putus asa. Kau harus berpikir apa yang hanya boleh dipikirkan. Tidak boleh yang lain.

Hati-hati dengan pikiranmu sendiri.


next page next page close

Tuh, ada.

Tuh, ada yang akan sesuai dengan nafsumu. Sesuai dengan yang kau inginkan, sama dengan apa mau mu. Sama. Banget.

Tapi sebelum mengambil keputusan untuk mengambilnya, coba deh tanya dl ke Yang Maha Mengetahui dan yang paling tau tentang dirimu. Coba tanya, itu yang terbaik, atau ternyata itu cuma salah satu upaya setan untuk mengajakmu bertemu dengan dia di neraka?


next page next page close

Mudah atau sulit?

Beberapa orang ada yang mendapatkannya dan melakukannya dengan sangat mudah.

Beberapa juga ada yang mendapatkannya dan melakukannya dengan sangat sulit.

Mencari, meminta, mempersiapkan. Udah. Tiga langkah itu aja. Tapi gak ada yang akan tau semudah atau sesulit apa untuk melakukannya. Ada yang cukup dengan waktu beberapa bulan. Ada yang butuh bertahun-tahun. Itupun ada yang jadi, ada juga yang gak jadi.

Gw sendiri?
Seharusnya mudah. Tapi tampak dipersulit. Jadi susah dong ya namanya? Ya gitu deh.

Satu perasaan takut yang akhirnya muncul. Dengan segitu banyak alasan, apa akhirnya akan jadi? Apa akhirnya akan ada yang benar-benar ‘ada’? Apa sempurna itu akam ada? Dan pada akhirnya, apa akan jadi?

Gw pribadi menyimpulkan: tetep pertahankan yang udah ada. Apapun alasannya. Karena gak butuh yang sempurna, tapi akan ada usaha untuk menyempurnakan. Gak perlu diragukan lagi.

Susah? Tinggal bagaimana usaha untuk mendekstkan diri ke Maha Pemberi Solusi. Kalo makin deket ya makin gampang. Kalo makin jauh, siap-siap aja harus berdarah-darah, dan ada kemungkinan gak jadi.
Gak mau deh.


next page next page close

blame me

maybe i had to blame my self for something that i cant explain clearly.
something that suppose to be easy to say, but i cant make it easy.
it’s so hard, that people cant recognize and know me.
why cant i talk clearly?

even for something that i had to say, i had to do something, because sometime words doesnt really help me. but now days, surely people also need your words too, rite?
even worse, my act cant be understood for some people too_because they dont know my reason.

then, it lead me to a horrible fact that, i dont know how to show that i love people.
i’m a person who think randomly. sometimes think not only about one step ahead, but many step ahead. mean while most people, want something instant. doesnt match with what i do/say for some one that i love. my words/acts maybe took a long time to be proven its truth. but as i said, people want something fast, something that they can understand easily. and i don’t know why, i’m not yet able to do that.

i’m learning. learn to say. learn to think. learn to do. directly. without before i go to the point i go randomly elsewhere. meanwhile i could be better, then let me be in my own world. doing everything in my own way. if you could understand, please join me. if you dont, you may mad, and i will stay calm. because i know, not all people understand me. but i understand you. we are different.


next page next page close

Terlalu banyak kalo

Kalau.
Itu berarti belum terjadi, dan hanya perkiraan aja..
Belum tentu bakal terjadi, dan mungkin terjadi.
Itu namanya kmungkinan.
Mungkin terjadi, mungkin juga nggak.
Soal kemungkinannya mana yang lebih besar, ya itu tergantung keadaan.
Terlalu banyak kalo (kalau).
Mau ini, tapi kalo nanti begitu, gimana?
Kalo nanti gak jadi, gimana?
Kalo ini?
Kalo itu?
Kalo blablabla…
Awas kebanyakan gak jadi kalo kebanyakan kalo.
Kehilangan peluang. Kehilangam kesempatan. Kehilangan jodoh, kehilangan uang. Kehilangan banyak hal.
Banyak kalo it boleh.
Memperkirakan banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Tapi banyak kalo itu justru harus digunakan sbagai dasar menyusun strategi. Membuat langkah2 apa yang harus dilakukan kalo misalnya kalo-kalo itu terjadi, dan bukannya malah bikin parno n g jadi ngapa2in.
Kebanyakan kalo itu boleh. Asal jangan bikin parno, n harus bikin lo tambah jago dengan strategi2 lo.


next page next page close

cinta sebatas doa?

suatu malam
tangisan itu keluar dan sangat menjadi
terbayangkan olehnya, penolakan dari orang-orang yang dicintainya
kata-kata penuh emosi negatif yang ia terima
meski dia berusaha untuk membagi energi positif

bertahan dalam diam, dia hanya bisa menyabarkan hatinya
mencari lautan lepas untuk bisa menghapus segala kenangan
menelusuri jalan ramai untuk membawa kembali sebuah solusi terang
atau malah, seperti malam itu, tak tertahan lagi semua air mata keluar

karena dia begitu mencintai mereka
mereka yang begitu amat polos dan tak berdosa
mereka yang seharusnya menjadi contoh bagi generasi masa depan
dia tak perduli walau telah terbayangkan betapa tak mudah bagi dirinya untuk menjadi dirinya sendiri.
berpikir, berdoa, dan terus berharap
cintanya akan terbaca dalam perbuatan dan teraba dalam kata, bukan sekedar doa.


next page next page close

belajar, hingga akhirnya fokus

seorang temen bercerita, kalau dia merasa di umurnya yang sekarang, 25 tahun, dia belum bisa menghasilkan karya apa-apa. bukan cuma karya yang belum dipunya, tapi juga pasangan. sementara, menurutnya, udah banyak orang lain yang berumur dibawah teman saya itu, mereka sudah menghasilkan karya keren yang membuat banyak orang lain terperangah kagum. dan mereka sudah berpasangan. terlihat agak ‘stress’ lah teman saya itu. bukan stress kali ya, tapi agak2 minder gimanaa gituu..

ya, gw pernah kayak gitu. bukan pernah, sering malah.
gw dikelilingi oleh banyak temen-temen yang hebat. contohnya, irvan setya dia reporter yang udah bikin banyak karya untuk TempoTV. udah umroh jg lho dia! keren deh! ada juga riesni fitriani. dia kerja sebagai fasilitator di kubik. dia udah kerja di kubik dan menangani banyak klien. selain itu, dia udah sering ketemu sama trainer-trainer hebat, kayak Jamil Azzaini. pasti dia udah belajar banyak selain itu dia jg mw S2. mantap dah!

itu cuma 2 contoh dari orang-orang hebat di sekitar gw. masih banyak (banget) lagi. terlebih, mereka-mereka yang alumni FIM (Forum Indonesia Muda). banyak banget tuh orang-orang hebat disana. ada ketua bem. ada ketua organisasi A, udah pernah ke negara B, aktif di organisasi C. dll dsb dah.

jujur, gw sering banget ngerasa minder kalo lagi bareng-bareng sama orang-orang hebat itu. gw mah blom pernah deh keluar negri. keluar jawa aja baru dua kali. haha.. buka ketua organisasi apapun, bukan juga aktivis di organisasi apapun. menang lomba, cuma lomba band aja sekali pas SMA. abis itu? udah. tulisan gw jg g pernah dimuat di majalah manapun. bahkan untuk majalah dindingpun jg g pernah. jauh banget dah kalo dibandingin sama temen2 gw yang udah pernah gw sebutin itu.

tapi pada akhirnya, gw berkata ke diri gw sendiri.
“setiap orang punya panggungnya masing-masing dan jalan yang berbeda-beda. Minimal gw harus bermanfaat buat keluarga gw sendiri dan lingkungan terdekat gw, kalo belom bisa bermanfaat buat RT, RW, satu daerah, atau satu negara.”
yaa… gak gitu-gitu banget sih kata-katanya. hehe.
intinya, gw tw kalo setiap orang itu punya jalan hidup yang berbeda. dan untuk gw, minimal gw harus bisa bermanfaat buat orang-orang disekitar gw. keluarga, sodara-sodara, dan lingkungan tempat tinggal gw. dengan cara apapun.
pemikiran itulah yang bikin gw untuk melakukan yang terbaik dalam hal apapun. mungkin gw belom bisa membuat satu acara TV kayak irvan tadi. tapi setidaknya gw bisa milihin tontonan mana yang terbaik untuk keponakan gw. gw juga mungkin belom bisa kayak riesni yang menjadi fasilitator dan memberikan pemahaman dan ilmu baru buat orang-orang yang dia handle. tapi gw setidaknya bisa mengajarkan surat Al Fatihah dan surat Al Ikhlas ke ponakan gw.
gw bertekad untuk menjalani kehidupan gw dengan menjadi bermanfaat bagi sebanyak-banyak orang, walau gak sampe diliput kickandy dan dapet ickandy award.
minimal banget, gw gak nyusahin orang lain, dan gw bisa membuat generasi yang akan gw tinggalkan nanti berkualitas lebih baik dari gw.

mimpi untuk menjadi lebih hebat? tentu ada.
tapi itu jadi rahasia buat gw n calon istri gw nnti lah ya.
hehehe

so my dear friend,
just do all the best what you can do. soon, you’ll lead by Allah to be better and better, including lead to your wife/husband ;)

cheer up! :D


next page next page close Indonesia itu kalo mau sukses, mendingan embargo diri sendiri! trus pendidikan dan kesehatan harus diutamain. n yang penting, orang-orangnya harus sadar sama lingkungan!"
next page

Lampu merah

Lampu merah. Paling lama durasinya mungkin 3 menit. Gak akan lebih dari 5 menit. Lampu...
article post

Keegoisan bersama

Banjir. Udah pada tau kan banjir itu apa? Bahkan kayaknya semua orang di jabodetabek udah...
article post

Jangan ada keributan gara-Gara Kata “Jangan”

Kultwit dibawah merupakan “jawaban” dr link berikut yg berjudul: Untukmu Yang...
article post

Siapa yang sangka?

Siapa yang sangka hidup dapat menjadi menyenangkan dan melelahkan dalam waktu yang...
article post

kepompong

kita pasti dan harus untuk berubah. menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk, itu kita...
article post

bukan untuk orang bodoh

agak kasar sih judulnya, tapi gw rasa itu udah tepat. apa sih yang bukan untuk orang...
article post

apakah saya harus peduli?

mereka? tidak ajaib tidak rumit dan tidak sulit semua hanya sekedar keinginan untuk...
article post

Allah terus?

Banyak dari kita yg pernah mendengar ‘slogan’ yg kira-kira bunyinya kayak...
article post

Well, hi there!

Udah lama g nulis disini. Kangen juga.. G nulis bukan karena sibuk, tp karena lebih...
article post

Deftones – Rapture

article post

topeng yang berbicara

ada saat-saat terlemah untuk seseorang entah orang itu akan terkapar tak berdaya di...
article post

kecewa sama Merpati Nusantara Airlines

bismillah anggep aja ini surat terbuka buat Merpati Nusantara Airlines. jadi ceritanya...
article post

kamu, manusia

hey, kamu manusia.. kamu merasa hebat dan bisa melakukan semuanya sendiri? kamu merasa...
article post

pasangan pinky and the brain

bismillah.. mari kita mulai dengan the pinky and the brain. pada tau kan film kartun the...
article post

move oooonnn…..

bisakah?? bisakah gw melupakan dia??? susaaah! walau dia udah jauh skarang, tapi gw susah...
article post

let’s just talk.

bismillah.. malem minggu, ditemenin radio dan laptop (serta koneksi internet tentunya)....
article post

sedekah #LifeAsIKnow

Bismillah… mencoba untuk berbagi tentang topik sedekah.. mungkin saya tak pantas...
article post

sumber rizki

sekarang banyak yang ngompor2in untuk menjadi seorang wirausahawan. banyak training untuk...
article post

Untuk keluarga ini

Untuk keluarga yang saya cintai.. kalian adalah orang-orang yang akan saya cintai dan...
article post

Ramadhan ini..

bismillah.. malam ini, malam tarawih terakhir dan sahur nanti juga sahur terakhir di...
article post

iya

kamu tau seberapa banyak yang akan kamu tolong dengan mengucapkan kata...
article post

menjadi jahat

menjadi jahat itu satu pilihan. bahkan bukan cuma pilihan, tapi sifat jahat itu akan...
article post

Kebebasan berpikir

Kebebasan untuk berpikir, yang bahkan mungkin juga sulit untuk dilakukan.  Otakmu telah...
article post

Tuh, ada.

Tuh, ada yang akan sesuai dengan nafsumu. Sesuai dengan yang kau inginkan, sama dengan...
article post

Mudah atau sulit?

Beberapa orang ada yang mendapatkannya dan melakukannya dengan sangat mudah. Beberapa...
article post

blame me

maybe i had to blame my self for something that i cant explain clearly. something that...
article post

Terlalu banyak kalo

Kalau. Itu berarti belum terjadi, dan hanya perkiraan aja.. Belum tentu bakal terjadi,...
article post

cinta sebatas doa?

suatu malam tangisan itu keluar dan sangat menjadi terbayangkan olehnya, penolakan dari...
article post

belajar, hingga akhirnya fokus

seorang temen bercerita, kalau dia merasa di umurnya yang sekarang, 25 tahun, dia belum...
article post
"Indonesia itu kalo mau sukses, mendingan embargo diri sendiri! trus pendidikan dan kesehatan harus diutamain. n yang penting, orang-orangnya harus sadar sama lingkungan!"
article post
Get Adobe Flash player